Menjaga Indonesia

Perkuat Ketahanan Pangan, DKP Siapkan 61 Ton Stok Ikan

HABARI.ID I Untuk perkuat ketahanan pangan di daerah, DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Provinsi Gorontalo siapkan 61 ton stok ikan.

Sila Botutihe, Kepala DKP Provinsi Gorontalo jelaskan, bahwa 61 ton stok ikan ini ditampung di Cool Storage yang tersebar di empat daerah.

Masing-masing diantaranya, Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan terakhir di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Instansi ini adalah salah satu sektor memperkuat ketahanan pangan, termasuk di tengah pandemi Covid 19. Kami diminta untuk memastika ketersediaan ikan, untuk kepentingan pangan masyarakat maupun yang terdampak Covid 19,” ujar Sila.

Secara rinci Sila jelaskan, untuk ketersediaan stok ikan bagi masyarakat kurang mampu, sebanyak 52,19 ton. Sedangkan bantuan rutin, yang disalurkan ke pesantren dan panti asuhan 9 ton.

Jumlah bantuan untuk dua jenis kegiatan ini, belum termasuk dengan hasil tangkapan para nelayan serta budi daya usaha perikanan di Provinsi Gorontalo.

“Jenis-jenisnya, yakni Oci atau Selar Kuning, Layang, Tongkol dan Ikan Tuna. Ada juga Udang dan Ikan Bandeng. Stok tersebut dipasok rutin oleh beberapa pengusaha perikanan,” tutup Sila.(adv/50diq/habari.id).