Menjaga Indonesia

Raih Sertifikat, Ikan Nike Tercatat Sebagai HKI Komunal Gorontalo

HABARI.ID I Kemenkum dan HAM RI mencatat, Ikan Nike adalah HKI (Hak Kekayaan Intlektual) komunal Provinsi Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya sertifikat resmi, yang diterima langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu (22/04/20).

Sertifikat Ikan Nike sebagai HKI komunal Gorontalo, juga sebagai bentuk pengakuan secara Nasional, bahwa Ikan Nike berasal dari Gorontalo.

“Alhamdulillah, hari ini kita ketemu dengan Kemenkum dan HAM serta jajarannya, memberikan sertifikat bahwa Ikan Nike itu betul-betul asli Gorontalo,” ujar Rusli, ketika diwawancarai awak media.

Gubernur Gorontalo Dua Periode ini jelaskan lagi, bahwa hal ini patut untuk dijaga dan dilestarikan. Apalagi, ini menjadi hak kekayaan intelektual dari Provinsi Gorontalo.

“Memang ada juga Nike dari daerah lain, seperti Manado, tetapi di daerah tetangga kita itu, berasal dari danau. Berbeda dengan yang berasal dari Gorontalo,” ungkap Rusli.

“Kalau Nike dari Gorontalo, dari air tawar dan air laut, sehingga sudah putih. Dia datang itu pun tidak pasti, kayak kemarin kurang lebih 6 bulan tidak datang,” timpalnya.

Di tempat yang sama, Kadis Perikanan dan Kelautan Provini Gorontalo, Sila Botutihe menyampaikan, secara history Nike di Gorontalo sudah turun temurun.

Baik yang berasal dari wilayah barat, yakni Kabupaten Boalemo dan Pohuwato, kemudian dari wilayah timur di Kota Gorontalo.

“Nike di Gorontalo ini turun temurun, secara historis ini sudah ada, memang ada dua nike ini, ada yang nike dari timur ada yang dari barat. Kaitan dengan pemberian sertifikat, tentu sudah dilakukan survey dan evaluasi terlebih dahulu oleh pihak yang berkompeten,” ujar Sila.

Menurutnya, sertifikat ini adalah sebuah prestasi dan motivasi bagi jajaran instansinya, untuk terus memberikan kinerja terbaik. Khususnya, dalam melestarikan kekayaan alam bawah laut, di Gorontalo.

“Ini bagaimana support, termasuk di lautan dan perikanan. Dan kami akan terus memberikan terbaik untuk daerah dan masyarakat, melalui program dan kegiatan yang kami jalankan,” tutup Sila.(adv/50diq/habari.id).