Menjaga Indonesia

Perbaikan Jembatan Molindogupo Butuh Anggaran Rp 35 Miliar

Habari.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau kondisi jembatan Molindogupo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Ahad (7/8/2019). Gubernur akan berupaya jembatan tersebut akan diperbaiki total Tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, jembatan Molindogupa menghubungkan antara Kecamatan Suwawa Timur dan Suwawa Selatan. Jembatan yang dipisahkan oleh Sungai Bone itu juga menjadi akses warga dari dan ke Kota Gorontalo untuk aktivitas jual beli, sekolah dan kesehatan.

“Jembatan ini pernah diterjang banjir bandang sekitar tahun 2007. Memang kita sudah anggarkan untuk pembangunan bahwa, tiang pancang dan bailey-nya. Hasil DED (Detail Enggineering Design) kemarin, anggaranya Rp 35 Miliar,” ujar Gubernur Rusli Habibie didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto di sela-sela kunjungannya.

Gubernur Rusli Habibie mengakui jika saat ini perbaikan jembatan Molindogupo belum bisa diperbaiki tahun ini karena keterbatasan anggaran. Pasalnya, anggaran telah dialokasikan kepada program kerakyatan yang lainnya yang tidak kalah penting dan prioritas.

Namun, Gubernur Rusli Habibie berharap jembatan Molindogupo bisa diperbaiki melalui anggaran Balai Jalan Kementerian PUPR atau melalui APBD Provinsi Gorontalo tahun depan.

“Memang sudah lama banyak permintaan dari masyarakat soal jembatan Molindogupo ini. Termasuk dari pak Bupati Bone Bolango sendiri. Tapi untuk sementara ini, kita akan tanggulangi dulu perbaikan lantai jembatan dengan kayu, nanti kita coba carikan anggarannya. Insya Allah awal pekan ini,” jelas gubernur 2 periode itu.(usmn/hl.id)