Menjaga Indonesia

Penangkal Covid-19 Dibahas Secara Terpadu oleh Dikes

HABARI.ID I Penangkal Corona Virus Disease 2019 atau disebut dengan Covid-19, menjadi topik utama yang dibacarakan oleh seluruh pemangku kepentingan, baik tingkat pusat dan daerah secara terpadu dan serentak.

Tidak terkecuali lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, yang membahas penangkal Covid-19 secara terpadu Selasa (05/01/2021).

Melibatkan instansi terkait dari kabupaten dan kota, rumah sakit umum daerah dan swasta serta unsur KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman jelaskan, pertemuan itu tidak hanya membahas seperti apa dan bagiaman daerah menyambut kehadiran penangkal Covid-19 ini.

Tetapi, juga fokus pada pelaksanaan pendistribusian vaksin Covid-19 ke penerima, sampai dengan teknis penyimpanan vaksin tersebut, kesiapan Sumber Daya Manusia bidang kesehatan dan proses vaksinasi.

“Seremoninya memang akan berlangsung serentak pada tanggal 13 Bulan Januari tahun ini. Dan pemberian vaksinnya sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, terbagi atas tiga kelompok …”

“Pertama pimpinan pemerintahan, forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, termasuk direktur rumah sakit. Kedua pimpinan organisasi kesehatan, dan terakhir tokoh masyarakat dan agama,” ujar dr. Yana.

Dukungan semua unsur terkait sangat penting untuk pelaksanaan vaksin ini di daerah, tidak terkecuali terhadap data penerima vaksin pada masing-masing daerah.

Selain itu sosialisasi dan edukasi kepada publik harus terlaksana secara masif kepada masyarakat, dengan menyisipkan sosialisasi akan penerapan protokol kesehatan.

“Sosialisasi dan edukasi tentang vaksin serta protokol kesehatan harus seiring sejalan, agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkas dr. Yana.(dik/habari.id).