Menjaga Indonesia

Pemkab Trenggalek Gulirkan Random Rapid Test Antigen

HABARI.ID, TRENGGALEK I Pemkab Trenggalek berlakuan rapid test Antigen secara acak kepada pelaku perjalanan masuk ke Trenggalek saat libur Natal dan tahun baru.

Pelayanan rapid test Antigen ini tidak dipungut biaya dan berlaku mulai hari ini Kamis (24/12/2020) hingga Senin (4/1/2021) mendatang.

Rapid Antigen ini merupakan salah satu upaya untuk melihat kesiapan para pelaku perjalanan dalam memenuhi protokol kesehatan serta dalam rangka mitigasi resiko penyebaran COVID-19.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengungkapkan, Pemkab Trenggalek sudah menyiapkan 3.000 hingga 5.000 unit rapid test Antigen.

“Jumlah rapid test kit Antigen tersebut bisa bertambah sesuai dengan kondisi satu atau dua hari ini berapa prosentase sampling yang reaktif dengan yang non reaktif,” ujar Mochamad Nur Arifin saat melakukan sidak operasi gabungan pelayanan tes Antigen gratis di Puskesmas Baruharjo, kecamatan Durenan, Kamis (24/12/2020).

Random Sampling

Pemkab Trenggalek bersama tim gabungan melakukan operasi yustisi sekaligus memitigasi penyebaran COVID-19 melalui metode random sampling tes Antigen.

Random sampling ini berlaku bagi pelaku perjalanan yang masuk Trenggalek, termasuk yang menetap di kabupaten Trenggalek waktu libur Natal dan tahun baru.

“Pada fase pertama ini, rapid test Antigen untuk 50 orang per kelompok. Hingga saat ini sudah sebanyak 20 orang yang melakukan tes Antigen. Sementara ini 17 orang non reaktif dan 3 orang menunggu hasil,” ucapnya.

Kalau mereka reaktif, kemudian menggunakan kendaraan umum, maka harus pisah dari pelaku perjalanan lainnya.

Sedangkan kalau mereka reaktif dan sekeluarga juga reaktif dan menggunakan kendaraan pribadi, mereka bisa pulang dan melakukan isolasi mandiri. Dan kalau tidak, maka mereka harus karantina.

“Soal random rapid test Antigen ini, akan kita lakukan koordinasi wilayah dengan pemerintah setempat di mana pelaku perjalanan berasal,” terangnya.

Petugas Gabungan akan melakukan operasi berkala di sejumlah titik perbatasan dan mengarahkan ke tempat tes Antigen.

Untuk pendatang yang masuk ke Trenggalek dari arah Tulungagung, akan mengikuti tes Antigen gratis di Puskesmas Baruharjo Kecamatan Durenan.

Sedangkan yang datang dari arah kabupaten Ponorogo lewat Tugu, petugas akan mengarahkannya ke Puskesmas Pucanganak Kecamatan Tugu.(Sar/habari.id)