Menjaga Indonesia

Peduli Disabilitas, Idah Rintis Cafe Bisu

HABARI.ID I Bunda Disabilitas Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Habibie berencana ingin menjajal bisnis ala kafe dengan konsep Cafe Bisu. Rencananya, kafe bisu ini akan dikelola oleh anak-anak penyandang disabilitas di Gorontalo.

“Iya, saya ingin membuat cafe untuk anak-anak disabilitas, kafe bisu namanya,” kata Idah Syahidah usai menjadi keynote speaker pada diskusi dan sharing Profesi dan Bisnis Kaum Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 yang digelar di Ballroom Hotel Damhil UNG, Jumat (31/1/2020).

“Saya sangat terharu malam ini, di diskusi ini banyak mereka (penyandang disabilitas) yang hadir. Bisa dilihat dari sini niatan mereka ingin menjadi pengusaha muda juga …,”

“Saya ingin membuat mereka merasa nyaman berada di satu tempat yang dikhususkan untuk mereka,” sambung Idah.

Menurut Idah, nantinya konsep cafe bisu akan didesain layaknya berada di tengah-tengah penyandang difabel. Para pelanggan yang ingin menikmati sajian di dalam kafe akan bisa merasakan bagaimana hidup sebagai seorang penyandang disabilitas.

Bahkan, untuk mendapatkan layanan pada kafe bisu, para pelanggan akan diwajibkan menggunakan trik tertentu, misalnya dengan bahasa isyarat.

Harapannya, dengan kafe bisu bisa menggugah simpati masyarakat, khususnya para pelanggan, dan akan bersimpati kepada mereka.

“Jadi masyarakat umum harus mengikuti mereka. Kalau ingin ke kafe itu, mari pakai bahasa isyarat, biar kita semua tahu dan bisa berbaur dengan mereka. Lagi pula bahasa isyarat itu bahkan sudah ada Hari Peringatannya loh jadi wajib kita galangkan,” kata Anggota DPR RI ini.

“Insya Allah dikonsep dulu, nanti saya diskusikan lagi dengan teman-teman,” tandas dia.(rls/fp/habari.id)