Menjaga Indonesia

Nugget Bandeng Benderang dan Masker ‘MANGKAGE’

Duta GenRe, Motivator dan Penggerak Inovasi Para Remaja

HABARI.ID I Nugget Bandeng Benderang dan Masker ‘MANGKAGE’, menjadi program inovasi andalan Fidya Felinda Ilahude yang kini tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNG.

Gagasan Fidya tentang Nugget Bandeng Benderang ini, menjadi salah satu program andalannya dalam di ajang Duta GenRe untuk penanganan stunting di Desa Pelambane yang telah dikelola para Ibu Rumah Tangga bersama karang taruna Desa Pelambane.

Fidya memilih Nugget Bandeng Benderang produk olahan yang berasal daging ikan bandeng yang melalui proses perlumuran tepung roti ini, karena disukai semua kalangan usia, tidak terkecuali anak-anak.

Ikan Bandeng memilik gizi yang berlimpah, dan sehat untuk dikonsumsi, disamping memiliki nilai ekonomis yang bisa membantu masyarakat di desa tersebut dalam meningkatkan pendapatan.

Pembuatan Nugget Bandeng Benderang

Tak hanya itu, Fidya Felinda Ilahude, yang menjadi perwakilan provinsi Gorontalo di ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Nasional ini, menjadikan masker sebagai sesuatu yang sangat penting terlebih di masa pandemi COVID-19.

Tidak hanya dari sisi kegunaan, bagi Fidya, masker yang didesain sedemikian rupa itu, bisa menjadi media yang dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama remaja, untuk turut berperan aktif dalam mencegah perebakan COVID-19.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa mengedukasi remaja untuk terus mengasah life skill mereka. Pada desain masker juga ada pesan-pesan moral mengenai Program GenRe …,”

Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang kolaborasi antara peserta dengan pemerintah dalam menyelesaikan masalah – masalah yang ada di masyarakat dengan lebih efektif, efisien, dan inovatif,” kata Fidya.

Pembuatan masker ‘MANGKAGE’

Sosialisasi dan program promosi GenRe, khususnya merespon permasalahan remaja saat ini, maka diperlukan figur motivator bagi kalangan remaja, seperti Fidya Felinda Ilahude dan rekan-rekan sesama Duta GenRe.

Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan program promosi GenRe di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja Indonesia, khususnya remaja Gorontalo, sehingga menjadi ramah remaja.

Selain itu, di lingkungan remaja secara umum, ikon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan program promosi GenRe.

Sehingganya ini menjadi role model remaja yang sehat, cerdas, ceria, diperlukan sosok Duta GenRe yang inovatif.(rls/habari.id)