Menjaga Indonesia

Nelson: Revolusi Industri 4.0, Tantangan Sekaligus Peluang

HABARI.ID I Kabupaten Gorontalo terus berbenah. Selain meningkatan sektor ekonomi, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga terus mendorong peningkatan sumber daya manusia demi menghadapi perubahan zaman dengan mengoptimalkan sektor pendidikan.

Optimalisasi sektor pendidikan ini telah ditandai dengan dicanangkannya Kabupaten Gorontalo sebagai Kota Ilmu.

Dan tentu saja, sekolah menjadi variabel penting dalam mengembangkan sektor pendidikan, disamping menjadi sasaran berbagai program.

Revolusi Industri 4.0 dengan segala konsekuensi yang muncul dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menurut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, menjadi tantangan terbesar pendidikan saat ini.

“Revolusi Industri 4.0 juga harus dipandang sebagai peluang bagi generasi milenial maupun generasi berikutnya,” kata Nelson saat menjadi pembicara pada dialog 1000 Pelajar yang mengangkat tema; Pembelajaran 4.0, Sabtu (01/02/2020).

Tapi untuk bisa mengelola peluang itu, kata Nelson, sumber daya manusia harus paham banyak hal, mulai dari teknologi informasi dan komunikasi, serta manajemen.

“Sekolah harus dapat menyiapkan SDM sebagai cara untuk menjawab tantangan zaman. Pelajar juga harus memiliki semangat, harus memiliki daya dorong, disamping pemerintah berkolaborasi dengan lembaga Akademik …,”

“Semua ini, dijabarkan melalui Kota Ilmu yang sudah kita canangkan,” tutur Nelson yang lama menjadi pendidik itu pada kegiatan yang di prakarsai Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Gorontalo.

Peningkatan SDM, menurut Nelson, harus dipersiapkan sejak masih di bangku sekolah.

“Adik-adik harus lebih giat belajar. Lanjutkan studi hingga ke Perguruan Tinggi,” kata mantan Rektor ini di hadapan ratusan siswa.(dwi/habari.id)