Menjaga Indonesia

MUI Dorong Pemprov Gorontalo Tingkatkan Sektor Pertanian

HABARI.ID I MUI (Majelis Ulama Indonesia) Provinsi Gorontalo mendorong Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk meningkatkan sektor pertanian.

Karena MUI berpendapat, bahwa sektor pertanian adalah bidang yang mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Bidang Fatwa MUI Provinsi Gorontalo, Ruliyanto Podungge saat menghadiri kegiatan forum konsultasi publik RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Provinsi Gorontalo tahun 2022, Kamis (11/02/2021).

Menurutnya lahan pertanian di Gorontalo sudah sangat berubah fungsi, akibat pembangunan. “Maka kami berharap, ini bisa menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo ..,”

“Saya menngusulkan agar pendapatan dari pertanian ini dapat dijaga dan lebih ditingkatkan. Karena memang Indonesia ini adalah Negara agraris, dan semua orang itu butuh pangan …”

“Mudah-mudahan buukan hanya mencukupi lumbung pangan di Gorontalo tapi bisa sampai ke daerah lain untuk pemasukan daerah,” ucap Ruliyanto.

Ia mengusulkan juga agar pelaksanaan pembangunan infrastruktur daerah, bisa memiliki keseimbangan dengan pemeiliharaan lingkungan.

“Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam, salah satunya banjir dan genangan. Pembangunan ini biasanya tidak memperhatikan kelestarian lingkungan ..,”

“Mungkin jumlah hutan yang kita miliki telah tergerus akibat pembangunan. Akhirnya yang kita rasakan beberapa bulan kemarin banjir itu,” timpalnya.

Lebih lanjut, Ruliyanto menjelaskan peningkatan ekonomi dari sektor pertanian bukan tanpa alasan.
Selain meningkatkan PAD, juga harus memperhatikan meningkatkan kesejahterahan para petani di daerah.

“Jangan sampai para petani itu merasa putus asa dengan hasil panen yang didapatkan. Dengan demikian mereka akan beralih profesi atau menjual lahan ..,”

“Dengan peningkatan kesejahterahan, maka mereka tetap berprofesi sebagai petani dan menghasilkan pangan untuk Gorontalo dan bisa di eksporr ke daerah lain,” pungkasnya.(dik/habari.id).