Menengok Karnaval HLUN 2019; “Merdeka di Hari Tua”

oleh
Antusias para lansia mengikuti karnaval Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo, Minggu (18/8/2019). Rona wajah ceria terpancar dari wajah-wajah mereka, seiring dengan semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.(foto_istimewa)

HABARI.ID – Ribuan masyarakat lanjut usia (lansia) memadati jalan umum, di Kecamatan Limboto, dalam rangka mengikuti karnaval Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo, Minggu (18/8/2019). Rona wajah ceria terpancar dari wajah-wajah mereka, seiring dengan semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Lansia peserta carnaval kali ini, berasal dari perwakilan 34 OPD, 19 kecamatan,14 kelurahan, dan perwakilan dari tiap Puskesmas. Tak ada kesan “lemah”, sejak memulai rute pawai dari pasar buah di Desa Bulila, Kecamatan Telaga. Seakan menyiratkan pesan kepada masyarakat, bahwa mereka tetap merasa merdeka di hari tua; menjaga kebugaran, keceriaan, dan merawat semangat cinta tanah air.

Peserta yang ikut pun mempunyai latar belakang yang beragam. Ada yang guru, pedagang, petani, nelayan, budayawan, seniman, polri, penulis, TNI, lansia yang berkontribusi pada koperasi, pengemudi bentor, pemulung, guru ngaji, lansia dukung kampung, lansia kader PKK, lansia organisasi profesi, lansia pemanjat kelapa, lansia kreatif, lansia pengurus panti jompo, serta lansia adat desa.

Sampai di finish, di halaman kantor Bupati Gorontalo, para lansia disambut sukacita oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, yang didampingi Pembina Lansia Dr. Fory Naway, beserta para pimpinan OPD.

Bupati Nelson membagikan hadiah kepada para lansia, serta memberikan penghargaan. Bahkan, melihat semangat para lansia, dirinya berjanji akan membuat tempat khusus kepada para lansia, untuk meningkatkan produktivitas mereka. Nelson ingin melibatkan lansia dalam pembangunan daerah.

“Semoga dengan media yang akan dibangun nanti, para lansia ini terus berekspresi, produktif,sehat selalu, panjang umu dan bahagia dihari tua,” ungkap Nelson, saat menutup rangkaian puncak HLUN ke 23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo, di pelataran taman pakaya tower.

Tak lupa pula, Nelson menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sukses melaksanakan peringatan HLUN ke 23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Sekertaris daerah Ir. Hadijah U Tayeb selaku Ketua Komisi Daerah lanjut usia (Komda Lansia ) Kabupaten Gorontalo, menyampaikan bahwa karnaval kali ini lebih menonjolkan budaya Gorontalo.

Selain untuk melestarikan budaya. Hal itu, kata Hadijah, untuk memberikan memori masa muda bagi para lansia.

“Ini merupakan wujud pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka memberikan semangat kepada lansia-lansia. membuat lansia itu bahagia, ceria serta juga memberikan peran dalam pembangunan di Kabupaten Gorontalo,” ucap Hadijah.(fbd/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.