Menjaga Indonesia

Mata Garuda LPDP Gorontalo Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

HABARI.ID I Masih serangkaian dengan agenda penguatan Desa Sehat 2019 di kelurahan Leato Selatan, Mata Garuda Gorontalo melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai Leato Selatan, Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Ahad (22/12/2019).

Aksi ini melibatkan masyarakat dan sejumlah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo dan Poltekes Kemenkes.

Agenda hari kedua Desa Sehat 2019 yang diinisasi ikatan alumni dan penerima Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI ini, dimulai pukul 06.00 pagi yang diawali dengan mengumpulkan warga setempat dan melakukan senam anti hipertensi.

Mata Garuda LPDP Gorontalo bersama masyarakat dan mahasiswa melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai Leato Selatan.[foto_istimewa]

Usai senam bersama, masyarakat dan relawan mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok. Dikoordinir langsung Ketua Panitia Fathurrahman Mohamad, ST, MSBEnv, masing-masing kelompok diberi 4 kantong sampah dengan label yang berbeda berdasarkan 4 jenis sampah.

Sampah yang terkumpul sekitar 12 kantong itu, dipilah berdasarkan jenisnya. Sampah plastik, adalah jenis sampah yang paling banyak dikumpulkan.

“Kami berharap kegiatan bersih-bersih pantai seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin dan pemerintah dapat mendukung dengan menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampah,” ungkap salah satu warga, yang menyambut antusias kegiatan bersih-bersih pantai ini.

Masyarakat Kelurahan Leato Selatan juga berharap agar di wilayahnya dapat dibuatkan Bank Sampah sehingga masyarakat dapat mengelola sampah rumah tangganya dengan baik.

Bersih-bersih pantai ini, menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya sanitasi lingkungan di wilayah pesisir sekaligus sebagai tempat wisata pesisir pantai.

Selain itu, masyarakat juga diberikan penjelasan terkait dengan alur pengelolaan sampah rumah tangga.

Ketua panitia Fathurrahman Mohamad, ST, MSBEnv juga mengajak masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah langsung ke laut dan melakukan pemilahan sampah.

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Puskesmas Dumbo Raya, BPJS Kesehatan Provinsi Gorontalo, BAPPEDA Provinsi Gorontalo, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo …,

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Gorontalo, Universitas Bina Mandiri Gorontalo, PT. Fajar Putra Abadi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ichsan Gorontalo.(rls/MGG/habari.id)