Menjaga Indonesia

LKPJ Gubernur Tahun 2019 Masuk Babak Baru di DPRD

HABARI.ID I LKPJ (Laporan Keterangan Pertangungjawaban) Gubernur Gorontalo tahun 2019, memasuki babak baru di DPRD Provinsi Gorontalo.

Jika sebelumnya ada 12 rekomendasi, yang disampaikan DPRD kepada Gubernur Gorontalo tentang LKPJ Gubernur Tahun 2019. Kali ini masuk pada tahap pembicaraan tingkat satu terhadap Ranpder (Rancangan Peraturan Daerah).

Tentang pertangungjawaban pelaksanaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Provinsi Gorontalo, tahun 2019 yang erat kaitanya dengan LKPJ Gubernur Gorontalo tahun 2019.

Begitu kata Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Dr. Drs. Paris R.A Jusuf, S.Sos, M.Si, saat ditemui usai memimpin sidang paripurna ke 21 Kamis (18/06/2020).

“Paripurna tentang Ranperda Pertangungjawaban pelaksanaan APBD ini, erat kaitanya dengan LKPJ Gubernur Gorontalo tahun 2019. Karena anggaran tersebut diperjuangkan dan digunakan pada tahun 2019,” ujar Paris.

Dia jelaskan, melalui sidang paripurna tersebut Gubernur Gorontalo telah menyampaikan laporanya, dan laporan tersebut akan di tindak lanjuti oleh DPRD Provinsi Gorontalo dalam waktu dekat ini.

“Gubernur Gorontalo sudah menyampaikan laporannya, dan laporan pertanggungjawaban ini akan kami tindak lanjuti paling lambat 1 bulan,” terang Paris.

Seperti apa pelaksanaan penindaklanjutan laporan dari Gubernur ini, Paris katakan akan dibahas bersama dengan komisi-komisi di DPRD Provinsi Gorontalo.

“Bukan hanya terkait dengan mekanisme saja yang akan dibahas, tetapi jika ada hal yang perlu dipertajam oleh komisi-komisi, maka kami juga akan membahasnya …”

“Selain itu, terkait dengan Ranpenrda dan LKPJ ini pastinya juga akan kami bahas sampai ke tingkat Banggar (Badan Anggaran) DPRD Provinsi Gorontalo,” jelas Paris.

Dalam sidang paripurna yang Dia pimpin itu, tidak sedikit masukan-masukan yang disampaikan beberapa fraksi partai di parlemen. Dan menurutnya, itu adalah hal yang wajar di lingkungan legislatif.

“Masukan-masukan yang disampaikan fraksi ini, sangat wajar. Dan pada rapat tersebut Gubernur Gorontalo sendiri sangat responsif, artinya masukan-masukan itu dianggap penting oleh Gubernur,” tutup Paris.(4bink/habari.id).