Menjaga Indonesia

Lagi, Pasien Sembuh Covid-19 Mendominasi Dari Pada Kasus Baru

HABARI.ID I Pasien sembuh dari Covid-19 kembali mendominasi dari pada kasus baru. Rabu (10/06/2020) Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi ungkap ada tujuh pasien sembuh dan enam orang pasien baru Covid-19.

“Tujuh pasien sembuh dari Covid-19 ini diantaranya, dua orang asal Kota Gorontalo, dua dari Kabupaten Gorontalo kemudian masing-masing satu orang asal Kabupaten Boalemo, Bone Bolango dan Gorontalo Utara,” ujar Triyanto.

Diantaranya pasien 40, inisial SYH usia 23 tahun warga Kelurahan Padebuolo, dimana hasil swab ke 4 dan 5 PCR nya negatif. Pasien 78, inisial AR usia 33 tahun asal Desa Pentadio Barat, hasil swab ke 2 dan 3 PCR negatif.

Selanjutnya pasien 88 inisial NA usia 25 tahun, warga Desa Pentadu, Kecamatan Biluhu Barat, Kabupaten Gorontalo dengan hasil swab ke 2 dan 3 negatif.

Kemudian pasien 106 inisial SMU usia 26 tahun, warga Kelurahan Tinelo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo hasilnya sama Swab ke 2 dan 3 negatif.

Disusul pasien 108 inisial ROS yang merupakan bayi perempuan usia 11 hari, asal Desa Ipilo Kecamatan Gentuma Kabupaten Gorontalo Utara. Dimana hasil swab test 2 dan 3 bayi ini PCR nya negatif.

Berikutnya pasien 110 inisial RD usia 20 tahun, warga Desa Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Dan terakhir pasien 122 inisial MOH usia 51 tahun, warga Desa Timbuolo, Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango.

“Rata-rata dari pasien sembuh ini, mereka telah menjalani perawatan selama delapan sampai dengan sepuluh hari di Rumah Sakit,” terang Triyanto.

Dia jelaskan lagi, di hari yang sama Gugus Tugas Covid-19 telah menerima 91 spesimen dari BPOM Gorontalo, diantaranya 73 spasimen negatif, 7 spesimen dinyatakan sembuh. Spesimen positif 18, dimana 11 diantaranya pasien lama dan 7 pasien baru.

“Dari 7 pasien baru ini, ada 1 pasien yang merupakan pelaku perjalanan dari Manado, tiba di pelabuhan Tilamuta pada tanggal 4 Juni 2020 …”

“Dilakukan screening denga hasil Rapid Test reaktif, dan dilakukan swab tanggal 5 Juni 2020 hasil swab PRC nya positif. Pasien sudah kembali ke Manado tanggal 8 Juni 2020 …”

“Kami melakukan konsultasi dengan PHEOC di Kemenkes RI pasien tersebut, berdasarkan ketentuan merupakan kasus konfirmasi untuk Sulawei Utara. Jadi rinciannya, pasien baru yang ada di Provinsi Gorontalo saat ini berjumlah 6 orang,” ungkap Triyanto.

Diketahui total pasien terkonfirmasi yang positif sampai dengan saat ini, berjumlah 145 orang, meninggal 7 orang, sembuh 69 orang, dalam perawatan 66 orang dan persiapan rujukan 3 orang.(sodik/habari.id).