KOPEK Bahas Problem Kelapa Nasional di Bali

oleh
Bupati Gorontalo yang juga selaku ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) Indonesia, Nelson Pomalingo, saat memberikan sambutan pada kegiatan pertemuan nasional KOPEK yang digelar di Kabupaten Karangasem, Bali, Jum'at (13/9/2019)

HABARI.ID I Tak hanya mengurus dan membangun daerah. Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ternyata juga punya tanggung jawab lain.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) Indonesia, Nelson juga punya tanggung jawab tentang bagaimana mengembangkan komoditas kelapa nasional.

Dan pada Jum’at malam (13/09/2019), Nelson menghadiri pertemuan nasional KOPEK Indonesia di kabupaten Karangasem, Bali.

KOPEK yang merupakan forum bentukan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) itu, merupakan wadah berhimpun daerah-daerah kabupaten yang intens dalam pengembangan komoditas kelapa.

Nelson Pomalingo menyampaikan, kegiatan ini dihadiri para kepala daerah hingga utusan kabupaten yang tergabung dalam Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa. Menurutnya, acara ini adalah momen yang tepat untuk membicarakan perosalan Kelapa di Indonesia.

”Terima kasih pula atas kehadiran para investor pengusaha kelapa indonesia, Ibu Kartika, dan semua tamu hadirin yang terafiliasi dalam industri kelapa indonesia …”

“Saya berharap agar peserta kabupaten yang hadir dalam kesempatan ini, bisa memanfaatkan pertemuan ini sebagai ajang sharing nasional forum kelapa Indonesia,” ucap Nelson, dalam sambutannya.

Menurut Nelson, pengembangan komoditas kelapa di Indonesia menghadapi kendala besar terutama persaingan dengan sumber minyak/lemak lain terutama sawit.

Permasalahan menjadi menonjol mengingat penanganan komoditas kelapa menyangkut jutaan rumahtangga petani yang terlibat.

Pada pertemuan kali ini, Karangasem-Bali, dipilih menjadi tuan rumah. Nelson pun berharap agar momentum ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencari solusi terhadap problem perkelapaan nasional.

”Mudah-mudahan, selama lima hari ini kita bisa memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin …”

“Karena dengan ragam acara, baik forum khusus KOPEK, seminar, pameran, hingga kegiatan lokal yang digagas pemerintah kabupaten Karangasem, ibu Gusti Ayu Mas Sumatri selaku tuan rumah. Dan terima kasih sambutannya Ibu Bupati, yang menggelar kegiatan yang begitu meriah, ” kata Nelson.(fbd/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.