Kepakan Sayap yang Indah, Berdiri “Congkak” Membusung Dada; Begitulah Ayam Serama

oleh
Ayam serama unjuk kehebatan di atas catwalk Kontes Kesenian dan Kecantikan PSGO Cup 3, Ahad (28/7/2019)

HABARI.ID, GORONTALO – Musik sudah dinyalakan, riuh tepukan tangan datang dari para pencinta ayam serama. Jelas mereka sedang “menyemangati” ayam serama jagoannya agar tampil memukau diatas catwalk.

150 ayam serama yang berasal dari Gorontalo dan luar daerah, jadi peserta dalam kontes Nasional PSGO Cup 3. Kontes kesenian dan kecantikan ayam serama ini, digelar Persatuan Serama Gorontalo (PSGO) Ahad (28/07/2019) siang di halaman Rumah Makan R7 Kota Gorontalo.

Mohamad Mubin, Ketua PSGO Provinsi Gorontalo, mengatakan ada tiga kelas dalam kontes tersebut, yakni kelas regular yang dibagi sebanyak sembilan kategori. Diantaranya anakan jantan A dan B, anakan betina A dan B, jantan remaja, betina remaja, betina dewasa, jantan eksebisi, jantan muda, jantan tanpa lawi, serta jantan dewasa A dan B.

Sedangkan kelas bintang hanya dua ketegori, yakni bintang anakan dan jantan, sementara kelas Best of tiga kategori, masing-masing best of chik, best of female, dan best of the best.

“Daerah luar Gorontalo yang mengikuti kontes nasional ini, datang dari berbagai kota, yakni Bitung, Makassar, Palu, Manado, Kotamobagu, bahkan ada juga dari Jawa,” ujar Mohamad.

Kontes ini memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah, serta sebagai ajang untuk melatih ayam-ayam serama, supaya bisa diikutikan dalam lomba. Termasuk mempererat tali silaturahmi antara organisasi serama Gorontalo, dan dari daerah lain.

Ia mejelaskan, walau pun ayam serama ini memiliki ukuran kecil, namun mampu meraih prestasi di atas catwalk. Keunikan ayam ini yang sering membusung dada, menengakkan dan mengepakkan sayapnya. Hal tersebutlah yang menjadi penilaian juri dalam lomba tersebut.

Tepuk tangan yang dilakukan para penggandrung ayam serama, adalah sebuah strategi supaya ayam mereka bisa tampil memesona dan memukau.

“Semoga kontes ayam serama ini akan memotivasi pencinta ayam serama untuk semakin menekuni hobi dan akan muncul pencinta pencinta ayam serama agar komunitas semakin besar,” tuturnya.

Sementara itu Ryan F. Kono, Wakil Wali Kota Gorontalo menambahkan, dukungan Pemerintah Kota Gorontalo terhadap kegiatan tersebut, karena kontes ini bisa menjadi peluang Pemerintah Daerah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke daerah.

“Jika ajang yang unik seperti ini kita gelar dalam skala yang lebih besar lagi, seperti pada momen tertentu seperti Hari Ulang Tahun Kota Gorontalo, atau festival Otanaha, maka akan meraik perhatian wisatawan domestik dan menca negara.

Ini tentunya akan memberikan pengaruh besar terhadap pendapatan asli daerah. Saya sendiri selain mendukung, mengucapkan terima kasih kepada PSGO yang sudah mempercayakan Kota Gorontalo sebagai tuan rumah dari kegiatan ini,” terang Ryan.(4bink/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.