HABARI.ID, DINSOS | Dinas Sosial Provinsi Gorontalo menjadi salah satu lokus evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam rangka pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik.
Tim Kemenpan RB, yang diwakili oleh Anggi Dian Putra Bangsa dan Nurhanisa Ghamaputri, didampingi oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Provinsi Gorontalo, bertemu dengan Kepala Dinas Sosial Sagita Wartabone, beserta jajarannya di ruang kerjanya, Kamis (29/08/2024).
Anggi Dian Putra Bangsa menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Gorontalo tahun 2024 ini bertujuan untuk melihat kondisi faktual di lapangan, sesuai dengan bukti dukung yang telah dikirimkan pada bulan Juni lalu.
“Kami ingin mengonfirmasi kembali apakah ada bukti dukung yang perlu ditambahkan untuk melengkapi dokumen pada enam aspek yang dinilai, yakni kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik,” ungkap Anggi.
Ia mengatakan bahwa pada tahun lalu, Dinas Sosial Provinsi Gorontalo pernah mendapatkan predikat A minus dengan penilaian sangat Baik. “Untuknitu kami berharap ada peningkatan kualitas pada penilaian tahun ini,” kata Anggi.
Sementara itu, Sagita Wartabone menerangkan Dinas Sosial terus melakukan perbaikan di berbagai aspek untuk menunjang pelayanan publik kepada masyarakat.
“Tahun ini, kami telah melaksanakan forum konsultasi publik (FKP) bulan Mei lalu, dengan mengundang berbagai pihak seperti Ombudsman, akademisi, praktisi, media cetak dan online, unsur terkait, serta organisasi masyarakat sipil,” jelas Sagita.
Dinas Sosial Provinsi Gorontalo telah melakukan identifikasi permasalahan yang perlu ditingkatkan terkait pelayanan yang diberikan. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah perbaikan dan pengaktifan kembali website dinas yang sempat tidak aktif, dengan penambahan fitur-fitur baru.
“Kami juga mengembangkan aplikasi e-JPS, yang memuat data dan informasi penting seperti DTKS, Capil, dan P3KE, yang menjadi rujukan bagi penerima bantuan sosial,” ujar Sagita.
Selain itu, salah satu fokus kinerja Dinas Sosial adalah menunjang penurunan kemiskinan di Provinsi Gorontalo melalui program bantuan sosial yang tepat sasaran.
“Dengan adanya evaluasi ini, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kami untuk kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” tandasnya. (dik/habari.id)