Menjaga Indonesia

Kapolres Blitar Kota: Taat Protokol Kesehatan Harus Jadi Bagian dari Budaya Masyarakat

HABARI.ID, BLITAR I Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, diangkat sebagai tema peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Bagi Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M. Sinambela, tema ini menjadi titik balik bagi jajaran Polri untuk andil dalam menata kehidupan masyarakat di era tatanan baru, new normal, sekaligus mendorong terwujudnya produktivitas masyarakat di tengah pandemi Corona melalui pendekatan persuasif dalam penegakan disiplin.

Menurut Kapolres Blitar Kota, penegakan kedisiplinan menjadi hal penting pada kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

Disiplin dan ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan, diyakini bisa menekan laju eskalasi penyebaran Covid-19 dan memutus rantai penyebaran virus Corona.

Polri, TNI dan pemerintah akan bahu membahu dalam mewujudkan kedisiplinan dan ketaatan terhadap protokol kesehatan sebagai bagian dari budaya dan pola hidup masyarakat.

“Tentu saja, untuk mewujudkan itu, akan melakukannya dengan cara dan pendekatan yang lebih persuasif,” kata AKBP Leonard.

Disamping itu, kata AKBP Leonard, pendekatan edukatif juga penting untuk dilakukan. Karena pada prinsipnya, pola tindak dan perilaku akan selalu sejalan dengan apa yang dipahami oleh masyarakat.

Kapolres mengungkap, taat terhadap protokol kesehatan, harus menjadi bagian dari pola hidup masyarakat di masa pandemi ini.

Masyarakat harus secara sadar melakukan upaya melindungi dan menjaga dirinya sendiri dan orang disekitarnya termasuk keluarga, dengan cara menaati protokol kesehatan.

Ketika ini sudah bisa dilakukan oleh masyarakat, maka masyarakat sudah bisa lebih leluasa melakukan aktivitas ekonominya.

“Kita dan orang disekitar kita, akan merasa aman kalau ketaatan terhadap protokol kesehatan sudah menjadi bagian dari kebiasaan atau budaya,” kata Kapolres.

Masuk masa transisi new normal, AKBP Leonard M. Sinambela berpesan agar masyarakat tetap taat terhadap protokol kesehatan.

Menerapkan pola hidup bersih dan sehat dapat dimulai dari hal-hal kecil, semisal mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah menerapkan physical distancing. Hindari kerumunan yang memungkinkan bagi adanya penyebaran virus Corona,” kata Kapolres Blitar Kota.(tos/habari.id)