Indra : Tingkatkan Kapasitas BPD Bisa Dorong Kemajuan Desa

oleh
Indra Yasin, Bupati Gorontalo Utara
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat membuka Pelatihan Kapasitas Kelembagaan Masyarakat Desa, Sabtu (06/11/2021).
banner 468x60

HABARI.ID | Tingkat kapasitas dan kemampuan anggota BPD menjadi faktor penunjang kemajuan desa. Untuk itu, Pemerintah Gorontalo Utara terus meningkatkan kapasitas tersebut lewat Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Masyarakat Desa, Sabtu (06/11/2021).

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan, tanpa kapasitas dan kecakapan dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan berdampak buruk atas roda pemerintahan di desa.

banner 468x60

“Mereka harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah desa, maka dari itu pengetahuan mereka soal pemerintahan dan regulasi harus baik,” jelas Indra Yasin.

Selanjutnya Indra menjelaskan, Kelembagaan Masyarakat Desa (KMD) merupakan kelembagaan yang berfungsi untuk memantau dan mendukung berjalannya berbagai kebijakan desa.

“Akan saling terjadi harmonisasi nanti di lapangan jika BPD juga paham dengan regulasi, jadi tidak terjadi kesalahpahaman saat melakukan fungsi pengawasannya..,”

“Dengan begitu kepala-kepala desa juga akan mampu bertanya dan meminta saran dari kelembagaan desa. Dengan begitu keharmonisan pun akan terjaga,” ungkap Indra.

Beberapa desa yang sudah mengikuti peningkatan kapasitas itu, Bupati Gorontalo Utara  berharap penguatan tersebut dapat diterapkan di desa masing-masing.

banner 468x60

“Jadi hari ini sudah ada 3 desa yang mengikuti, yaitu desa Molingkapoto Selatan, Desa Leboto, dan Desa Bulalo. Nanti ke depan semua desa akan ikut pelatihan ini,” imbuhnya.

(Wi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan