Menjaga Indonesia

Pacu IKM Produksi Masker, Diskumperindag Terus Suplai Bahan Baku

HABARI.ID I Diskumperindag (Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan) Provinsi Gorontalo terus menyuplai bantuan bahan baku untuk industri kecil menengah (IKM) yang memproduksi masker.

“Nantinya masker yang diproduksi sebagian hasilnya akan dibagikan secara gratis bagi mereka yang membutuhkan,” ujar Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo M Nadjamuddin, Senin (1/4/2020).

Dikatakan Nadjamuddin, penyebaran virus corona belakangan semakin meningkat. Terlebih saat Gorontalo telah menetapkan status siaga darurat, kebutuhan masker semakin meningkat. Bahkan, kata Nadjamuddin, harganya di pasaran kian melonjak.

Olehnya, untuk memenuhi kebutuhan APD tersebut, Diskumperindag Provinsi Gorontalo telah melakukan serangkaian upaya, salah satunya memproduksi alat pelindung diri itu dengan melibatkan IKM di Gorontalo.

Saat ini pun, Diskumperindag Provinsi Gorontalo telah berkoordinasi dengan Disperindag Kota Gorontalo untuk meminjam mesin jahit bagi IKM yang ingin memproduksi mask. Pasalnya, ketersediaan mesin jahit masih terbatas.

“Kami sudah menyurati Disperindag Kota Gorontalo untuk bantuan meminjam mesin jahit bagi IKM. Apalagi di sentra karawo binaan mereka ada 20 mesin jahit bantuan kementerian (Kemenperin) …,”

“Saya rasa mesin itu dapat dimanfaatkan bagi pelaku IKM untuk memproduksi masker,” tambah Nadjamuddin.(fp/habari.id)