Menjaga Indonesia

Gunakan Laboratorium Bergerak, Sejumlah ASN Lakukan Tes Swab

HABARI.ID I Guna mengantisipasi penyebaran kasus Covid 19 di perkantoran, pegawai di lingkup Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menjalani pemeriksaan test PCR menggunakan mobil laboratorium bergerak Surveilans, Rabu (09/06/2021).

Sedikitnya, ada sekitar 39 pegawai yang menjalani test PCR tersebut, baik ASN (Aparatur Sipil Negara) dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) dengan hasil negatif Covid 19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr Yana Yanti Suleman mengungkapkan, pemeriksaan PCR untuk pegawai itu untuk mencegah dan penemuan kasus virus corona.

“Dinas Kesehatan harus menjadi teladan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 melalui test, lacak dan rawat. Sehingga bisa diikuti oleh instansi lain di lingkungan Pemprov Gorontalo sesuai intruksi pak Gubernur,” jelas Yana.

Mantan Dirut Rumah Sakit Ainun Habibie itu mengatakan, kapasitas pemeriksaan mobil laboratorium Surveilans tersebut hanya bisa memeriksa 96 spesimen dalam sekali running.

“Dengan adanya spesimen yang bisa diperiksa dapat meningkatkan cakupan pemeriksaan PCR di Provinsi Gorontalo, sehingga warna zonasi di masing-masing wilayah benar-benar menggambarkan kondisi yang sebenarnya,” ungkap Yana

Satu unit mobil laboratorium bergerak Surveilans itu adalah bantuan dari Kementerian Kesehatan RI yang akan digunakan sebagai layanan bergerak untuk pemeriksaan swab test PCR. Untuk mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kemampuan test, lacak maupun solasi. (sodiq/habari.id)