Menjaga Indonesia

Gubernur Siap Perjuangkan Pembangunan Tanggul di Suwawa Tengah

HABARI.ID I Kondisi tanggul di Kecamatan Suwawa Tengah menarik perhatian Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat berkunjung di lokasi banjir Senin (22/06/2020).

Tanggul yang rusak akibat banjir bandang di Kabupaten Bone Bolango itu, siap diperjuangkan Gubernur Gorontalo ke Pemerintah Pusat untuk dibangun lagi.

Dia jelaskan, sebelumnya pembangunan tanggul sepanjag 500 meter telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Namun karena arus aliran air sungai begitu kencang di tambah dengan curah hujan cukup tinggi, maka tidak mampu ditahan oleh tanggul sampai meluap.

“Akibat terjadinya banjir adalah karena air sungai meluap, hujannya cukup deras, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Kami sudah merencanakan siap memperjuangkan pembangunan tanggul ini …”

“Memang, sungainya sedikit berbahaya karen di tengahnya sudah terjadi delta, kami sudah turunkan tim dan besok ada pengukuran …”

“Segera kita usulkan ke pusat untuk mohon anggaran dan mudah-mudahan dapat perhatian dari pemerintah pusat …”

“Karena anggaran di Provinsi maupun Kabupaten Bone Bolango, sudah di alokasikan untuk penanggulangan covid 19,” jelas Guberur Gorontalo Rusli Habibie.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, saat menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir.

Dia jelaskan lagi, untuk jangka penjang Pemerintah Provinsi Gorontalo sendiri terus memperjuangkan pembangunan dua waduk, masing-masing Bulango Ulu dan Bone Hulu.

“Untuk menanggulangi tahunan, lima tahunan dan spuluh tahun lagi, harus ada waduk. Sekarang untuk Bulango Ulu sudah mulai jalan …”

“Pengukuran, pembebasan lahan. Dan sebentar lagi kita akan bayar lahan-lahan masyarakat yang terendam,” tandasnya.

Diketahui bersama, usai peninjauan di lokasi bencana banjir rombongan Gubernur Gorontalo menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana.

Dari 80 KK (Kepala Keluarga), diwakili 10 orang untuk menerima secara simbolis dari Gubernur Gorontalo.(sodik/habari.id).