Menjaga Indonesia

Era Pandemi, UNG Optimalkan Inovasi Bidang IT

HABARI.ID I Kondisi pandemi saat ini Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus memberikan terus memberikan pelayanan optimal tidak hanya di bidang akademik belajar mengajar, tetapi juga dalam proses berjalan teknologi administrasi di era pademi COVID-19 melalui inovasi bidang IT.

Kepala Unit Teknologi Informasi Komunikasi UNG, Salahudin Olii menyampaikan bahwa perkembangan digital dan di era pandemi, UNG terus berupaya melakukan inovasi digital. Inovasi bidang IT kali ini adalah dengan melakukan inovasi penerapan teknologi di bidang administrasi melalui Tanda Tangan Digital.

“Kami UNG melakukan pejajakan kerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik dalam pengembangannya,” ujar Salahudin Olii.

Tanda tangan tak bisa lepas dari aktivitas keseharian. Bagaimana tidak, tanda tangan memiliki fungsi penting sebagai bentuk legitimasi dan legalitas, membuktikan identitas.

Serta menjaga integritas dokumen, atau untuk melakukan koreksi pada dokumen sebagai bukti adanya perubahan tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, tanda tangan pun ikut mengalami perkembangan dan transformasi. Transformasi dari tanda tangan ini hadir dalam bentuk tanda tangan elektronik.

“Menggunakan tanda tangan elektronik memiliki banyak keuntungan, lebih efisien, lebih cepat, dan lebih ramah lingkungan,” imbuh Salahudin.

Sebagai lembaga pendidikan, UNG akan terus mengoptimalkan upaya adaptasi teknologi dengan terus melakukan inovasi-inovasi, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia.(rls/fp/habari.id)