Menjaga Indonesia

Demi Kenyamanan Pedagang di Shopping Center, Pungli dan Premanisme Segera Diselesaikan!

HABARI.ID I Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo akan menuntaskan berbagai persoalan yang ada di Pasar Limboto, termasuk juga persoalan yang dihadapi para pedagang mulai dari maraknya pengutan liar hingga premanisme.

Hal ini terungkap pada kegiatan pertemuan antara Bupati dan pedagang Shopping Center Limboto serangkaian dengan agenda Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Nelson di gedung Kasmat Lahay, Senin (17/02/2020).

“Saya akan menindaklanjuti aduan ini secepatnya agar pedagang di Pasar Limboto lebih nyaman, terbebas dari pungli dan premanisme,” kata Bupati Nelson Pomalingo.

Bupati mengatakan, ia ingin menjadikan Pasar Limboto menjadi pasar terbesar di Provinsi Gorontalo.

“Kita jadikan Shopping Center seperti Mall yang lebih refresentatif,” ujar Nelson. Nelson juga meminta agar setiap kendala dilapangan sekiranya dilaporkan agar memperoleh solusi.

Nelson pun menegaskan, Kabupaten Gorontalo akan dijadikan daerah Madani dan jauh dari berbagai kesemrautan.

“Kita juga akan memfasilitasi pedagang melalui program pelatihan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendorong para pedagang agar mampu berkompetisi secara sehat,” pungkas Bupati Nelson Pomalingo.

Sebelumnya, pada dialog tersebut, pedagang di pasar shopping center mengeluhkan soal ketidaksesuaian tarif dan adanya pungutan yang dilakukan oknum-oknum tertentu.

“Penagihan dilakukan lebih dari sekali. Sampai-sampai lapak penempatan kursi ikut dikenai retribusi,” ungkap salah satu pedagang.

Sementara seorang pedagang lainnya, yang sudah berjualan selama 20 tahun, mengungkapkan bahwa persoalan pungutan liar dan premanisme sudah terjadi berulang kali dan ini jelas merugikan pedagang pasar.

“Kami bersyukur bisa bertatap muka dengan Pak Bupati. Dan kita dilibatkan pada pengembangan pasar maupun menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di pasar …,”

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan pak Bupati, bisa segera terwujud,” kata pedagang tersebut.(dwi/habari.id)