Menjaga Indonesia
Daerah

Dapat Satya Lencana, Ini yang Dilakukan Bupati Pohuwato Saat Bertemu Wapres

HABARI.ID I Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, termasuk salah satu kepala daerah yang mendapat penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana pada acara puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalimatan Selatan, Kota Banjarbaru, Jum’at (20/12/2019).

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Pohuwato, terlebih khusus kepada pegiat sosial di daerah,” kata Syarif.

Peringatan HKSN, menurut Syarif, memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Nilai kesetiakawanan sosial menjadi modal sosial menuju masyarakat sejahtera dan harmonis. Nilai ini juga menjadi semangat bagi pemerintah daerah dalam membangun,” kata Syarief.

Menurut Syarif, kesetiakawanan sosial harus dijadikan sebagai instrument dalam menerapkan nilai dasar, pikiran, sikap, tindakan saling peduli.

“Tidak hanya itu, salinig berbagi yang didasari oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, dengan prinsip toleransi dan kesetaraan,” katanya.

Mengutip apa yang disampaikan Wapres dalam pidatonya, Syarif mengatakan, peringatan HKSN diharapkan dapat menjadi stimulus bagi munculnya berbagai gerakan peduli, dan aksi sosial di masyakarat dalam berbagai bentuk.

Kesetiakawan sosial dapat menjadi perekat, meminimalisir ketimpangan ekonomi dan sosial, serta menciptakan kedaulatan sosial. Begitu pesan pak Wapres,” ungkap Syarif.(4bink/habari.id)