Menjaga Indonesia

Cegah Penularan Corona saat Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Dilengkapi Peralatan Safety Covid-19

HABARI.ID, LIMBOTO I Cegah risiko penularan Covid-19, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilkada, siap turun ke rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan. Mereka akan dilengkapi dengan alat safety Covid-19.

“PPDP yang akan turun ke rumah-rumah, dilengkapi dengan peralatan safety Covid-19. Jadi, warga tak usah khawatir. Proses pemutakhiran data pemilih, sudah diupayakan senyaman mungkin …,”

“Baik petugas maupun warga yang didatangi tak perlu khawatir lagi soal penularan virus Corona,” kata Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasid H. Sayiu.

Berita Terkait: Gerakan Klik Serentak Digelar 15 Juli, KPU: Ayo, Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Pemilih!

KPU sudah menerapkan standar protokol kesehatan khusus untuk kegiatan-kegiatan yang mengharuskan adanya interaksi dengan masyarakat. Untuk peralatan safety Covid-19, kata Rasid, sudah didistribusi kepada masing-masing petugas pemutakhiran data sejak 13 Juli 2020.

“Sebanyak 811 anggota PPDP yang tersebar di 205 desa di Kabupaten Gorontalo mulai Senin malam, lewat PPK dan PPS-nya, kita sudah bagikan peralatan keamanan diri ini,” ungkap Rasyid.

PPDP akan bertugas sejak tanggal 15 Juli, mereka akan melakukan pendataan dan pengecekan data pemilih untuk penyusunan DPT Pilkada Kabupaten Gorontalo 9 Desember nanti.

“Kita lengkapi PPDP dengan 4 pcs masker, 1 shield face plastik, 150 ml handsenitizer, dan 1 box sarung tangan medis. Jadi, mereka bekerja dengan aman dan warga pun tak perlu khawatir saat dikunjungi mereka,” kata Rasyid Sayiu.

Dan jika ada warga menemukan di lapangan ada anggota PPDP bertugas tanpa alat pelindung, maka warga patut untuk mengingatkannya.

PPDP ini akan bertugas sejak tanggal 15 Juli sampai tanggal 13 Agustus, dengan tugas mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.(dwi/habari.id)