Menjaga Indonesia

BST Tahap 9 Tersalurkan di 90 KPM Kelurahan Nglegok

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Pemerintah Kelurahan Nglengok telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 9 kepada 90 KPM. Penyaluran BST sebesar Rp. 300 Ribu yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI ini, penyalurannya melibatkan PT. Pos Indonesia (Persero).

Lurah Nglegok, Alfandi Yuswantoro S.Ip. MM, mengatakan, penyaluran BST tahap 9 ini masih akan bergulir hingga Desember nanti.

“Untuk mempercepat penyaluran dan memastikan menjangkau wilayah yang menjadi target, PT. Pos Indonesia juga akan memperbanyak titik layanan dan bermitra dengan komunitas dan pemerintah daerah mulai Dinas Sosial, kecamatan, kelurahan, dan RT/RW untuk proses distribusi BST,” kata Alfandi yang ditemui Jumat (27/11/2020).

Adapun KPM yang mendapat BST Rp 300 ribu dari Kemensos perlu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Pendaftar merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah
  3. Pendaftar tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat, seperi PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  4. Jika pendaftar tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, silakan komunikasi dengan aparat desa.
  5. Pendaftar yang sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor NIK dan KTP yang bersangkutan tetap mendapat BST Rp300 ribu tanpa membuat KTP. Namun, penerima harus berdomisili di desa tersebut di mana pemerintah  mencatat alamat lengkapnya.
  6. Apabila data sudah terdaftar dan valid, maka BST Rp300 ribu penyalur akan memberikan secara tunai dan non-tunai. Non-tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.

Kepada 90 KPM yang menerima bantuan tersebut, Alfandi berharap dengan Bantuan Sosial Tunai tahap 9 ini bisa membantu meringankan beban ekonomi warga yang terdampak pandemi COVID-19.(ADV/Kmf//tos/Habari.id)