Menjaga Indonesia

BPOM: Pengujian Sampel Covid-19 Siap Dilanjutkan

HABARI.ID I Pengujian sampel Covid-19 di Provinsi Gorontalo siap dilanjutkan oleh BPOM Provinsi Gorontalo, meski tingkat kesembuhan pasien Covid-19 dan penularan virus tersebut menurun signifikan.

Begitu kata Kepala BPOM Provinsi Gorontalo, Agus Yudi Prayudana Rabu (11/11/2020) saat berkunjung kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo.

Selain itu, dirinya menyatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya itu sangat mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo, jika memiliki rencana membangun laboratorium penanganan Covid-19.

“Kami juga siap apabila provinsi ingin mendirikan laboratorium covid-19. Kami bisa membantu dari sisi transfer ilmu untuk pengujian ataupun membangun sarana prasarananya,” ungkap Agus.

Trend penurunan kasus positif Covid-19 di Gorontalo dia akui, tidak luput dari peran serta dan sinergitas antara BPOM dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Meski demikian, dia berharap kegiatan yang sampai saat ini dilaksanakan instansi terkait di Provinsi Gorontalo, dalam penanganan Covid-19 agar tidak terhenti.

Mulai dari rapid test sampai dengan swab test baik untuk masyarakat, maupun di lingkungan kerja pemerintahan daerah. “Kalau kegiatan ini terus dilaksanakan, saya percaya kita semua bisa menjadikan daerah ini bebas dari Covid-19,” ucapnya.

Tidak hanya kegiatan yang berkaitan dengan corona saja yang terus dilaksanakan BPOM, tetapi kata Agus lembaga tersebut secara masif menyosialisasikan dan mengedukasikan pengawasan obat dan makanan.

“Bahkan kami terus melakukan pemantauan dan operasi obatan dan bahan makanan. Namun dari hasil kegiatan itu, belum ada yang kami temukan di Gorontalo hal-hal yang melanggar aturan,” pungkasnya.(dik/habari.id).