Menjaga Indonesia

BMKG: Intensitas Hujan di Utara dan Selatan Gorontalo Terus Meningkat, Warga Diminta Waspada

HABARI.ID I Masyarakat diminta waspada. Diprediksi bulan Juni 2020 intensitas hujan akan mengalami peningkatan. Sesuai data dari BMKG, intensitas hujan akan mengalami peningkatan di beberapa kawasan di Gorontalo, daerah bagian utara dan bagian selatan.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorolgi Kelas 1 Djalaludin Gorontalo, Wahyu Guru Iman menjelaskan, hujan lebat yang terjadi di kawasan selatan yaitu area Bone Bolango, masih akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Dari data BMKG, tercatat untuk tiga hari ke depan wilayah Bone Bolango akan mengalami hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

“Akumulasi hujannya menjadi lebih tinggi, mulai dari siang hingga malam hari. Dan untuk Mei-Juni ini memang lebih tinggi,” ungkap Wahyu Guru.

Hujan di kawasan Bone Bolango dan sekitarnya, sesuai prediksi akan mengalami peningkatan hujan lebat dimulai dari siang hari hingga turun menjadi hujan sedang pada malam hari.

Hujan akan disertai angin kencang dengan kecepatan 20 km/jam. BMKG mengimbau masyarakat untuk bisa lebih waspada.

BMKG: Intensitas Hujan di Utara dan Selatan Gorontalo Terus Meningkat
Prakiraan Cuaca Kabupaten Bone Bolango.[sumber_BMKG]
“Kejadian banjir bandang di Bone Bolango itu karena hujan terjadi di area atas dan di area bawah. Sehingganya volumenya menjadi naik. Kami mengimbau agar masyarakat untuk tetap waspada,” ujar Wahyu.

Peringatan hujan lebat di kawasan tersebut akan terjadi di area Pinogu, Bone Raya, dan Suwawa.

“Dan BMKG memprediksi potensi hujannya masih di Mei dan Juni. Baru akan mengalami penurunan pada Juli-Agustus,” ungkap Wahyu.(dwi/habari.id)