Bersih-Bersih Sampah di Kawasan Pantai Warnai Hari Lingkungan Hidup

oleh
Istimewa.
banner 468x60

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Peringatan hari lingkungan hidup Internasional di Kota Gorontalo diwarnai dengan berbagai aksi sosial dibidang lingkungan.

Mulai dari penanaman pohon hingga melakukan bersih-bersih pantai. Kegiatan itu dikerjasamakan dengan berbagai lembaga. Seperti bersih-bersih pantai yang dipusatkan di sekitaran destinasi wisata Blue Marlin.

banner 468x60

Agenda tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama PLN Nusantara Power dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Gorontalo serta sejumlah lembaga dan organisasi sosial, seperti Tanggidaa Grup, Rabu (5/6/2024).

“Kegiatan ini merupakan gagasan dari PLN Nusantara Power yang dikerjasamakan dengan kami, berbagai lembaga pemerintahan dan non pemerintahan, serta komunitas Tanggidaa Grup,” ungkap Kepala DLH Kota Gorontalo, Andris Amir melalui Kepala Bidang Kebersihan, Ansar Ismail.

Kegiatan yang dihadiri Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi, Karyawan Aji, dan Sekda Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim itu, memberikan dampak positif terhadap lingkungan pantai di Kota Gorontalo.

Ya, setelah aksi itu dilakukan, kondisi pantai yang tadinya banyak sampah berubah seketika menjadi kinclong.

“Untuk itu, kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada PLN Nusantara Power yang telah menginisiasi kegiatan ini,” kata Ansar.

banner 468x60

Sementara itu, Direktur Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu program Nusantara Volunteering Program (NVP) yang diselenggarakan di 33 daerah sekitar unit pembangkit PLN NP di penjuru nusantara.

Diungkapkannya, berbagai instansi turut terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan yang dilaksanakan sepanjang bulan Juni 2024, dengan proyeksi pengumpulan sampah mencapai 19,8 ton.

NVP sendiri menjadi salah satu komitmen PLN NP terhadap tanggung jawab sosial Perusahaan dengan melibatkan seluruh karyawan pada kegiatan sukarela untuk menjawab kebutuhan dan solusi terhadap permasalah sosial maupun lingkungan. Baik Perusahaan, karyawan maupun masyarakat akan memetik manfaat dari kegiatan kesukarelaan ini.

“Kami berkomitmen perusahaan dalam mendorong pelestarian lingkungan, khususnya di area dimana unit pembangkit PLN NP beroperasi,” tandasnya.

Sebagai generation company terbesar di Asia Tenggara, lanjut Ruly, pihaknya tidak saja memproduksi listrik berkualitas bagi masyarakat Indonesia, namun juga berkomitmen melestarikan lingkungan salah satunya melalui CCU yang menjadi bagian dari program perusahaan yakni NVP.

PLN NP saat ini memiliki 4.842 orang pegawai dengan berbagai kompetensi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung capaian SDGs melalui berbagai kegiatan sukarela di tengah masyarakat. NVP mendukung pengoptimalan potensi tersebut dengan aktif mendorong pegawai agar terjun dalam berbagai aktifitas kesukarelaan di tengah masyarakat.

“Kami bangga, acara hari ini mampu menggerakkan lebih dari 1.000 orang untuk bersama-sama melakukan giat bersih pantai di Gorontalo, dan ini menjadi motivasi dan inspirasi untuk acara serupa di tempat lainnya. Sepanjang bulan Juni ini, seluruh relawan PLN Nusantara Power akan terus bergerak untuk menggiatkan coastal clean up di seluruh penjuru nusantara,” tambah Ruly.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60