Berapa Usia Ideal Gubernur Gorontalo 2024?

oleh
Habari.Id
banner 468x60

HABARI.ID, POLITIK I Sejak pertama dimekarkan pada tahun 2000 dan menjadi daerah otonomi baru, Provinsi Gorontalo kini berusia 23 tahun. Pada perjalanan Provinsi Gorontalo yang kini beranjak dewasa, daerah berjuluk Serambi Madinah itu sudah pernah dipimpin tiga Tokoh, Fadel Muhammad, Gusnar Ismail dan Rusli Habibie.

Fadel Muhammad, menjadi pemimpin pertama sepanjang sejarah Gorontalo. Tepat usianya 49 tahun, Tokoh kelahiran Teranate itu terpilih sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo.

banner 468x60

Keberhasilan Fadel Muhammad memajukan daerah dan mesenjahterakan masyarakat, membuat dirinya kembali terpilih sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo di tahun 2017 pada usia 55 tahun.

Setelah purna jabatan sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo Dua Periode, dan melanjutkan karir sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI, tongkat estafet kepemimpinan Provinsi Gorontalo dilanjutkan Gusnar Ismail.

Memang tidak mudah bagi Gusnar Ismail, untuk sampai ke pucuk pimpinan Provinsi Gorontalo. Ia harus ikhlas melepaskan jabatannya sebagai Sekretaris Daerah, dan terjun ke dunia politik.

Hampir dua periode menjabat Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Tokoh kelahiran 1959 ini memberanikan diri bertarung di Pilgub kala itu.

Walhasil, pada usia 50 tahun Gusnar Ismail pun terpilih sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo kedua. Menariknya lagi, Ia menjabat Gubernur di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI.

banner 468x60

Sayang karir Gusnar Ismail, tidak seperti Fadel Muhammad yang menjabat Gubernur Dua Periode. Akhirnya, kepemimpin di Provinsi Gorontalo pun di nakhodai Rusli Habibie dari hasil Pilgub kala itu.

Rusli Habibie berbeda dengan Fadel Muhammad dan Gusnar Ismail. Belum lama menjabat sebagai Bupati Gorontalo Utara, pada usia 49 tahun Rusli sudah terpilih sebagai Gubernur Gorontalo dari hasil Pilgub kala itu.

NKRI atau Nyata Karya Rusli Idris, bukan hanya sebatas slogan dan seremonial belaka di era kepemimpinan Rusli Habibie dan Idris Rahim.

Implementasi dan realisasi delapan program unggulan dalam memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat, berbuah manis bagi Rusli Habibie secara pribadi.

Hasilnya, tepat tahun 2017 pada usia 54 tahun Rusli Habibie kembali terpilih sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo, menyamai rekor Fadel Muhammad sebagai pemimpin dua periode.

Nah, jika melihat dari segi usia terpilih sebagai pemimpin daerah, jarak usia ketiga Tokoh pemimpin Provinsi Gorontalo baik Fadel Muhammad, Gusnar Ismail dan Rusli Habibie, itu tidak begitu jauh.

Bahkan dua diantara tiga Tokoh pemimpin ini, memiliki usia yang sama disaat mereka terpilih sebagai pemimpin Provinsi Gorontalo, yakni Fadel Muhammad dan Rusli Habibie sama-sama berusia 49 tahun.

Tidak hanya itu saja, usia Fadel Muhammad dan Rusli Habibie pun hanya selisi satu angka saat mereka menjabat sebagai Gubernur Dua Periode. Fadel Muhammad usia 55 tahun, Rusli Habibie 54 tahun.

Dari usia ketiga Tokoh pemimpin Provinsi Gorontalo ini baik Fadel Muhammad, Rusli Habibie dan Gusnar Ismail, jika ditata maka akan berurutan angka 49, 50, 54, 55.

Sementara dari data yang ada tercatat, Calon Gubernur Gorontalo tahun 2024 mulai dari Idah Syahidah berusia 59 tahun, Marten Taha sudah mencapai usia 64 tahun.

Kemudian, Tonny Uloli usia 65 tahun, Nelson Pomalingo kini berusia 61 tahun, Elnino Mohi sudah 49 tahun, Eduart Wolok sudah usia 47 tahun dan Rama Datau berusia 43 tahun.

Lantas, apakah usia Gubernur Gorontalo tahun 2024 harus mengikuti urutan angka usia Gubernur sebelumnya, atau usianya berjarak dekat dengan angka usia tiga Gubernur sebelumnya, atau apakah harus memiliki angka usia yang sama dengan ketiga Gubernur Gorontalo sebelumnya. Wallahualam Bissawab.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60