Baru Sekitar 7 Bulan Memimpin Sudah Banyak Lakukan Terobosan

oleh
bulan
Direktur PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo, Lucky Paudi, ST. M.Si, saat bersama Nurhadi Taha, dalam dialog khusus.
banner 468x60

HABARI.ID I Lebih dari 20 tahun Ia sudah menggeluti pekerjaan di Badan Usaha Milik Daerah, PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo. Selama perjalanan karirnya, lebih banyak Ia lakoni di lapangan mulai dari petugas teknis sampai mendapatkan amanah jabatan sebagai Kepala Bagian Teknis. Kini Ia menduduki jabatan pimpinan tertinggi di perusahaan tersebut, dan telah melahirkan berbagai terobosan baru sekitar tuju bulan lebih menjabat.

Ia adalah Lucky Paudi, ST, M.Si, yang dilantik oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, sebagai Direktur PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo pada Senin (07/09/2020) lalu.

banner 468x60

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, bisa dikatakan tidak salah mengamanahkan jabatan tersebut kepada Lucky Paudi, karena baru sekitar tujuh bulan lebih memimpin, sudah banyak kemajuan dan perkembangan di tubuh PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo.

Mulai dari sisi pelayanan kepada masyarakat umum dan pelanggan, administrasi perusahaan, pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), peningkatan debit air, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur serta fasilitas, termasuk peningkatan kualitas air bersih yang diproduksi di masing-masing IPA (Instalasi Pengolahan Air).

Terobosan, upaya dan langkah-langkah ini tentu Ia tidak lakukan sendiri, tetapi berkat soliditas yang Ia bangun bersama Dewan Pengawas, serta jajaran pimpinan dan pegawai di PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo.

Keberhasilannya tidak hanya diakui oleh lembaga-lembaga Pemerintahan Daerah dan vertikal, seperti Ombudsman dalam hal pelayanan publik. Tetapi nyata diakui oleh masyarakat, yang setiap saat baik menit, jam dan hari mendapatkan respon cepat dari petugas PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo.

Dari berbagai prestrasi yang sudah Ia ukir ini, ternyata Lucky sendiri tidak hanya belajar dari pengetahuan intelektualnya, namun ada sosok pemimpin panutannya, yakni Almarhum Hasan Abas Nusi, Mantan Wali Kota Gorontalo Periode 1978-1983, yang juga Mantan Wakil Gubernur Sulut Periode 1995-2000.

banner 468x60

Ia jelaskan, kalau berbicara soal air bersih itu sangat luas dan bukan hanya berkaitan dengan pelayanan atas kebutuhan masyarakat. Tetapi salah satu yang terpenting adalah, bagaimana menciptakan manajemen yang baik dalam setiap unit kerja di PDAM.

“Jika manajemen perusahaan baik, SDM nya berkualitas dan terpenuhi maka hal-hal lain yang berkaitan dengan pelayanan serta keuangan pasti akan baik pula ..,”

“Sebab PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo ini, tidak hanya bergerak pada bidang bisnis saja, tetapi bergerak pada pelayanan. Misal, kaitan dengan SDM, mereka kami berikan pelatihan-pelatihan khusus sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik ..,”

“SDM yang kami miliki ini tidak sedikit, contoh pada bidang teknis ada yang bagian lapangan serta instalasi. Dan mereka tentu sudah kami berikan penguatan, untuk menunaikan tugas yang lebih humanis ..,”

“Kemudian yang berkaitan dengan administrasi, kami tata lebih baik lagi dengan berlandaskan regulasi atau aturan-aturan yang jelas ..,”

“Demikian pula dengan SDM pada bidang pelayanan publik, tentu tidak hanya mengurus keluhan atau informasi aduan dari masyarakat, tetapi bagaimana bidang ini bisa menyebarkan informasi penting kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam mencegah supaya kualitas air bersih PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo terus terjaga, bukan hanya pemeliharaan infrastruktur dan fasilitas penunjang saja dilakukan oleh petugas PDAM. Namun upaya lain yang dilakukan oleh PDAM sendiri, adalah menjaga kebersihan lingkungan.

“Sekarang ini instalasi pengolahan air bersih di Kota Gorontalo, sudah ada hampir disemua wilayah. Upaya peningkatan debit air terus kami lakukan, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ..,”

“Capaian-capaian yang kami peroleh bersama Dewan Pengawasan PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo ini, tentu berkat dukungan Pemerintah Kota Gorontalo. Dan kami berharap kepada masyarakat, ketika ada hal-hal kaitan dengan PDAM baik itu iuran dan gangguan, agar menghubungi langsung di kontak kami, atau akun resmi Facebook kami di PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo, atau bisa langsung ke Kantor PDAM,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan