Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia jadi Kado Terindah Wali Kota di HUT ke 64

oleh
wali
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, saat menerima Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia dari TEMPO, yang diserahkan Menpan-RB RI, Abdullah Azwar Anas.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Di hari yang spesial Selasa (29/08/2023) momen ulang tahun ke 64, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, mendapatkan kado terindah dari TEMPO yakni Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia.

Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia dari TEMPO untuk beberapa Kepala Daerah termasuk Wali Kota Gorontalo Marten Taha itu, karena sukses meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dan pendidikan daerah.

Secara terpisah Wali Kota Gorontalo, Marten Taha jelaskan bahwa prestasi yang Ia terima khususnya dari TEMPO tersebut, merupakan hasil kinerja dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Gorontalo.

“Syukur Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai Pemerintah Kota Gorontalo, dan guru-guru terus memberikan kinerja terbaik untuk daerah dan masyarakat ..,”

“Saya sangat bangga, karena menerima Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia dari TEMPO, tepat usia saya 64 tahun pada hari ini Selasa 29 Agustus ..,”

“Tentunya, prestasi yang saya terima ini merupakan hasil kerja dari seluruh unsur terkait termasuk guru-guru dan dukungan masyarakat Kota Gorontalo ..,”

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk semuanya juga untuk Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo ..,”

“Prestasi Anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia ini, saya dedikasikan untuk seluruh pegawai, guru-guru dan masyarakat Kota Gorontalo,” terangnya.

Nah berbicara soal peningkatan SDM di Kota Gorontalo, tentu terus dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo baik secara internal dan eksternal Pemerintahan.

Dalam lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, secara rutin dilaksanakan peningkatan SDM dari semua bidang guna menunjang pelaksanaan program kegiatan, yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Misal, pada bidang pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo, melalui Badan Keuangan Kota Gorontalo ..,”

“Dimana pada peningkatan SDM dan kapasitas mereka, melibatkan narasumber dari berbagai lembaga termasuk kementerian terkait dan akademisi ..,”

“Dampak dari peningkatan SDM itu, tentu pengelolaan keuangan di Kota Gorontalo berjalan dengan baik sesuai aturan ..,”

“Sehingga hasilnya pun dirasakan Pemerintah Kota Gorontalo, dengan meraih predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo sebanyak sembilan kali berturut-turut,” ujarnya.

Demikian pula pada bidang pendidikan kata Wali Kota Gorontalo Dua Periode itu, bahwa pendidikan adalah tematik utama dan sektor sangat penting di Pemerintahan Daerah.

“Ada dua hal yang terpenting dari pendidikan yakni program merdeka belajar dan sekolah penggerak, yang sekarang ini terus dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo ..,”

“Kedua hal ini dapat tercapai melalui tata kelola pendidikan yang baik, sehingga semua kalangan bisa menikmatinya termasuk mereka yang berekonomi lemah.

“Bagaimana kita bisa memperbaiki sistem pendidikan, kurikulum belajar, dan penataan pendidikan melalui berbagai aspek baik itu memperlancar akses pendidikan bagi seluruh warga masyarakat ..,”

“Karena ruang pendidikan tidak boleh hanya dinikmati oleh orang-orang mampu, tapi seluruh warga tidak mampu dibidang ekonomi,” ungkapnya.

Pendidikan, merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian pemerintah Kota Gorontalo.

Dimana pemerintah memiliki kewenangan untuk meningkatkan kualitas tenaga-tenaga pengajar, dan anak-anak didik mulai dari TK, SD, dan SMP.

Selain itu Ia tambahkan lagi, bahwa belum lama ini Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Pendidikan Kota Gorontalo sukses menggelar MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Data dari Dinas Pendidikan Kota Gorontalo tercatat, sebanyak 4.450 siswa mulai melaksanakan aktivitas sekolah, baik jenjang SD maupun SLTP.

“Jika di totalkan, ada sebanyak 4.450 siswa baru, yang resmi diterima di seluruh lembaga pendidikan baik di tingkat SD dan SMP yang ada di Kota Gorontalo ..,”

“Masing-masing jenjang pendidikan SD sebanyak 2.157 siswa baru, dan SMP sendiri sebanyak 2.293 siswa baru,” papar Wali Kota.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di