Menjaga Indonesia

Animo Masyarakat Tinggi Menyambut Pilkada di Kabgor

HABARI.ID I Animo masyarakat begitu tinggi dalam rangka menyambut Pilkada di Kabgor (Kabupaten Gorontalo), begitu kata Rasyid Sayiu, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Senin (27/07/2020).

Tingginya animo masyarakat dalam menyambut Pilkada tersebut, terlihat dari kontribusi, kerjasama dan partisipasi masyarakat ketika dilakukan Coklit oleh petugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih).

“Sampai dengan sekarang sudah sekitar 100 TPS yang rampung 100 persen, sebagian belum terlaksana karena masih ada kendala, namun bisa diatasi oleh petugas dan KPU sendiri,” ujar Rasyid.

Dalam pelaksanaan Coklit tersebut, dirinya berharap agar bisa didukung sepenuhnya oleh masyarakat, termasuk bisa bekerjasama dengan petugas PPDP.

“Dari laporan yang saya terima itu, biasanya karena penduduk setempat tidak ada di desa karena pindah atau saat di datangi tidak berada di rumah karena bekerja,” kata Rasyid Sayiu.

PPDP kesulitan mendata masyarakat telah pindah dari desa, namun secara data administrasi masih berada di desa. Kesulitan itu dikarenakan, warga yang pindah turut membawa semua berkas administrasi kependudukan mereka.

“Kasus warga tak berada di rumah saat waktu pencoklitan, jadi masalah yang paling sering terjadi di semua wilayah …”

“Wajar mobilitas warga Kabupaten Gorontalo sekarang cukup tinggi, akhirnya sulit di temui,” jelas Rasyid Sayiu.(dwi/habari.id).