Menjaga Indonesia

Aleg Deprov Nilai Bimtek Pengelolaan Keuangan Punya Dampak Positif

HABARI.ID I Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Sri Masri Sumuri menilai pelakanaan Bimtek (Bimbingan Teknis) tentang perencanaan, pengolahan dan pertanggungjawaban keuangan Daerah memiliki dampak positif, terutama dalam mencegah tindakan korupsi di Gorontalo.

Menurutnya, pengelolaan keuangan daerah oleh DPRD saat ini sangat penting. Apalagi di era pandemi Covid 19 tak sedikit anggaran direfocusing untuk kepentingan dan penanggulan virus corona.

“Pandemi Covid 19 ini sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun dan banyak anggaran yang dipangkas untuk menaggulangi bencana non alam virus corona, maka bimtek pada dasarnya bertujuan baik. Sebab bagi kami terutama yang baru di DPRD, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam mengelola dan memanfaatkan keuangan negara sesuai dengan peruntukkannya,” jelas Sri.

Aleg dari Partai Persatuan Pembangunan itu menjelaskan, salah satu penyebab penyelewenangan dalam memanfaatkan anggaran terkadang bukan saja merugikan Negara, tetapi juga bagi wakil rakyat yang akhirnya berhadapan dengan hukum.

“Disinilah kadang-kadang seorang anggota legislatif terjerat korupsi. Boleh jadi tidak mengetahui secara detail, atau juga karena pemahaman terhadap pengelolaan keuangan Negara tersebut sangat minim tegas Sri Masri.

Anggota Komisi IV Deprov Gorontalo itu berpendapat, bahwa apa yang ia dapatkan melalui Bimtek tersebut akan diimplementasikan dalam membuat peraturan dan kebijakan daerah, terutama menyangkut keuangan Negara.

“Dari beberapa materi yang kami dapatkan, persoalan pajak terutama menyangkut pelaporan dan penyetoran pajak sangat menarik bagi kami, sebab dengan semakin memahami dan mengetahui persoalan pajak dengan benar dan baik, maka kami berharap ke depan tidak akan terjerat dalam korupsi,” tandasnya.(sodiq/habari.id)