Menjaga Indonesia

Alat PCR Swab di Pemprov Gorontalo Bertambah 9.600 Paket

HABARI.ID I Alat PCR Swab di Pemprov Gorontalo bertambah 9.600 paket, begitu kata pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, Sabtu (20/06/2020).

Sebanyak 9.600 paket alat PCR Swab test yang diterima Pemprov Gorontalo ini, merupakan bantuan dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat, dan diterima langsung oleh BPBD dan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Bantuan ini terdiri PCR, VTM (Viral Transport Medium), RNA dan Tube masing-masing 9.600 buah. Selain itu ada cotton swab 9.000 buah. Kamis kemarin, pemprov juga menerima bantuan PCR dan VTM masing-masing 10.000 buah …”

“Semua alat ini kita butuhkan untuk uji swab di laboratorium BPOM. PCR, RNA dan Tube itu menjadi alat utama untuk swab test …”

“Sementara cotton swab biasa digunakan untuk mengambil sampel dari tenggorokan, atau hidung pasien yang selanjutnya disimpan di VTM,” jelas Misranda.

Misranda menjelaskan, untuk swab tes pasien terindikasi covid-19 rata-rata 300 sampel per hari. Dengan kata lain, bantuan yang ada cukup untuk digunakan selama dua bulan ke depan.

Pihaknya memprioritaskan untuk pasien dengan hasil rapid test reaktif dan atau orang yang kontak erat, dengan pasien terkonfirmasi positif.

Pelaku perjalanan yang ingin ke luar daerah, yang menuntut membawa hasil swab diarahkan ke laboratorium swasta.

“Prodia Gorontalo sudah melayani swab test mandiri. Pelaku perjalanan kita arahkan ke sana, sebab SOP kita untuk swab dikhususkan bagi yang reaktif rapid test …”

“Atau kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Swab ini tidak dipungut biaya,” pungkasnya.(sodik/habari.id/rls).