AKI dan AKB di Gorut Terus Menurun

oleh
aki
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, didampingi Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune, saat diwawancarai awak media.
banner 468x60

HABARI.ID I AKI (Angkatan Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Anak) di Kabupaten Gorontalo Utara, terus mengalami penurunan.

Begitu kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Selasa (13/07/2021) kepada Habari.Id. “AKB dan AKI di daerah terus kami upayakan menurun, melalui berbagai program di Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara,” ujarnya.

banner 468x60

Ia jelaskan, salah satu upaya itu dengan memenuhi gizi ibu hamil dan peningkatan fasilitas kesehatan dalam hal ini bersalin.

“Selain itu, kami terus mempercepat penambahan tenaga kesehatan daerah. Agar pelayanan kesehatan di Kabupaten Gorontalo Utara, khususnya bagi ibu hamil bisa maksimal,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune katakan, dari data yang ada pada tahun 2017 kasus tersebut berada pada angka 44 kasus.

Kemudian mengalami penurunan pada tahun 2018, dengan jumlah 38 kasus. Jumlah kematian itu terus menurun sampai tahun 2019, dengan jumlah 28 kasus.

“Pada tahun 2020 kemarin, pada posisi 38 kasus. Dan upaya lain kami lakukan, yakni memberikan jaminan kesehatan terhadap ibu hamil ..,”

banner 468x60

“Termasuk pemenuhan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi mereka yang belum terdaftar. Dan anggaran yang kami alokasikan sebesar Rp 400 juta,” pungkasnya.(wi/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan