6 Parpol di DPRD Kota Gorontalo Bentuk Koalisi MATAHARI

oleh
Penandatanganan kesepakatan enam Ketua partai politik, yakni Golkar, PPP, Demokrat,Gerindra, PDIP dan Hanura Kota Gorontalo, mendukung Pemerintahan Kota Gorontalo lima tahun ke depan

HABARI.ID, KOTA – Membentuk koalisi partai di lembaga legislatif jadi bagian dari “siklus politik”. Siklus seperti ini, biasanya terjadi pasca pemilihan legislatif. Partai yang memilih untuk berkoalisi, pada umumnya adalah partai-partai punya cara pandang yang sama, keinginan yang sama.

Dan pada Rabu (19/06/2019), enam pimpinan partai politik resmi membentuk koalisi partai di DPRD Kota Gorontalo. Koalisi MATAHARI yang terdiri dari Partai Golkar, Demokrat, PPP, Harura, PDIP dan Partai Gerindra ini, punya komitmen yang sama dalam rangka mengawal dan memperjuangkan program-program yang pro rakyat yang dijalankan pemerintah kota Gorontalo.

Menurut Ketua DPD II Golkar Kota Gorontalo Marten Taha, koalisi ini dapat membangun keharmonisan dan kebersamaan di DPRD Kota Gorontalo.

“Dalam konteks menjalankan mengawal kepentingan rakyat, koalisi partai ini sangat penting. 6 partai politik yang berkoalisi ini, punya cara pandang yang sama terutama tentang bagaimana mensejahterakan rakyat,” kata Marten usai penandatanganan kesepakatan bersama pembentukan Koalisi MATAHARI.

Sementara menurut Ketua Partai Demokrat Kota Gorontalo Erman Latjenke, pertemuan ini sudah mewakili 21 orang anggota DPRD terpilih yang duduk di DPRD Kota Gorontalo.

“Demokrat sudah masuk dalam koalisi sejak lima tahun kemarin. Untuk pengawalan pembangunan lima tahun ke depan, Demokrat bersama-sama Golkar dan beberapa partai lainnya telah melebur dalam koalisi ini,” kata Erman.¬†

Tentang adanya kesamaan visi di koalisi partai dan keinginan besar untuk mengawal kepentingan dan hak-hak rakyat, juga disentil Ketua DPD II Partai Hanura Kota Gorontalo Ekhwan Ahmad.

“Ini adalah koalisi yang memperjuangkan hak rakyat. Dan Hanura akan ada di pihak yang sama-sama punya keinginan berjuang untuk kepentingan rakyat,” kata Ekhwan.

Komitmen menjaga dan mengawal program pro rakyat ini, juga disampaikan Ketua DPC PPP Kota Gorontalo Rivai Bukusu. Dan mengenai bergabungnya PPP di Koalisi MATAHARI ini, sejalan dengan sikap PPP secara struktural, mulai dari pusat hingga ke daerah.

“Ketua DPW PPP Provinsi Gorontalo menyetujui Koalisi MATAHARI. Dan Ketua DPW juga meminta agar komunikasi lintas partai terus dilakukan,” jelas Rivai.

Lain lagi dengan apa yang diungkap Ketua PDIP Kota Gorontalo Ariston Tilameo. Menurutnya, kesepakatan yang akan lahir dalam koalisi ini, tidak hanya menyangkut “konsensus” bersama tentang bagaimana mengawal hak-hak rakyat. Koalisi ini juga bisa menjembatani gagasan-gagasan baru dan kebijakan politik.

“Bisa saja kita yang tergabung dalam koalisi MATAHARI ini, melahirkan kesepakatan bersama untuk mendukung pak Marten di Pilgub nanti,” kata Ariston, menerangkan tentang kemungkinan yang bisa terjadi di Koalisi MATAHARI.

Senada dengan itu, Onis Jafar Akuko Ketua Partai Gerindra Kota Gorontalo mengatakan bahwa komitmen dalam koalisi ini akan menyangkut banyak hal termasuk hadirnya kesepakatan-kesepakatan lainnya yang bisa menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan partai. “Mengawal kepentingan rakyat adalah sebuah keharusan.¬†Dalam berpolitik sudah pasti ada beberapa komitmen yang harus dibangun. Dan itu memungkinkan terjadi di koalisi ini,” kata Onis.(4bink/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *