Menjaga Indonesia

6 Daerah Diminta Siapkan Instrumen New Normal

HABARI.ID I Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta, 6 daerah di Gorontalo siapkan instrumen penerapan New Normal.

Kata Rusli, tempat penerapan New Normal di 6 daerah ini seperti di pasar tradisional dan modern serta tempat ibadah, baik masjid dan lain-lain.

“Saya minta satu saja dulu, masing-masing daerah Bupati dan Wali Kota siapkan contoh penerapan new normal. Satu saja, karena akan percuma kita rapat sudah empat jam ini kalau penerapan di lapangannya tidak maksimal,” ungkap Rusli Sabtu (30/05/20).

Harapnnya, tempat yang nantinya menjadi percontohan di setiap daerah di Gorontalo, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar terbiasa dengan pola hidup baru, di tengah pandemi Covid-19.

Yaitu, interaksi sosial yang mengutamakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun.

“Silahkan Bupati dan Wali Kota berinovasi. Pasar mana yang mau dijadikan sebagai percontohan. Tempat ibadah seperti masjid, mungkin kita mulai dulu dari masjid kecamatan …”

“Tempat itu nanti kita keroyok sama-sama dengan TNI, Polri, Provinsi dan kabupaten/kota untuk mengaturnya,” imbuh mantan Bupati Gorontalo Utara itu.

Menanggapi imbauan tersebut, sejumlah Kepala Daerah di Gorontalo Bupati dan Wali Kota, memberikan usulan obyek yang diminta.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou misalnya, mengusulkan Pasar Kamis di Kecamatan Tapa menjadi contoh pasar dengan penerapan standar protokol kesehatan.

Demikian pula dengan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Pasar Sabtu dan Rabu di Kelurahan Bulotadaa Timur, Kecamatan Sipatana.

Ribuan pedagang rencananya akan diatur secara berjarak di lokasi dan di sepanjang Jalan Tondano yang menjadi lokasi pasar.(4bink/habari.id/rls).