Menjaga Indonesia

10 Bulan Terobati, Riskal Bakal Miliki Kaki Baru

HABARI.ID I Sekitar 10 bulan lebih terhitung sejak Bulan Maret 2020 sampai dengan sekarang, remaja berusia 17 tahun asal Desa Boliohutuo Kabupaten Boalemo itu, harus menjalani aktivitasnya dengan kondisi menggunakan dua tongkat. Karena kaki sebelah kanannya, harus diamputasi akibat musibah yang ia alami saat bekerja.

Kejadian yang dialaminya sejak tahun 2020 itu, tidak hanya menjadikan dirinya sebagai penyandang disabilitas saja, tetapi turut membuat Ia kehilangan pekerjaan di salah satu parbik di daerah Nyiur Melambai Manado.

Dia adalah Riskal Masiu, warga Desa Boliohuto Kabupaten Gorontalo yang kembali tersenyum lebar, karena mendapatkan kabar gembira dari Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Kabar yang disampaikan Gubernur Gorontalo juga saat itu didampingi istrinya Idah Syahidah, yakni segera memberikan bantuan kaki palsu kepada Riskal, agar bisa beraktivitas seperti biasa lagi dan bekerja.

Melalui program kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli yang berlansung Sabtu (30/01/2021), Rusli jelaskan bahwa bantuan yang ia berikan kepada Riskal, merupakan aspirasi yang sebelumnya disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Lahmudin Hambali.

Dengan cepat pun petugas Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dimita Gubernur Gorontalo mengukur kaki Riskal untuk dipesan. “Saya tadi diingatkan oleh pak Lahmudin, kalau ada penyandang disabilitas disini kecelakaan dan butuh kaki palsu,” ujar Rusli.

Secara tidak langsung bantuan dan ide ini berasal dari istrinya Idah Syahidah. Idah yang juga adalah bunda disabilitas Provinsi Gorontalo menyarankan, Pemprov Gorontalo untuk segera membantu anak yang mengalami kecelakaan saat bekerja di pabrik.

“Ibu Idah ini anggota DPR RI, tapi jarang sekali berada di pusat, karena saya larang. Saya tekankan ke Ibu Idah, berbuatlah untuk masyarakat Gorontalo ..,”

“Kalau kursi roda sudah ada di kami, nanti diberikan. Tapi kaki menunggu yah, diusahakan secepatnya. Insyaallah selalu bersabar dengan keadaan ini,” tambahnya.

Riskal Masiu mengaku, sangat bahagia atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh Gubernur Rusli dan Ibu Idah. “Terimakasih ibu Idah, terimakasih pak Gubernur. Insyaallah segala kebaikan bapak dan ibu dibalas oleh Allah SWT,” ucapnya haru.(bnk/habari.id).