Menjaga Indonesia

UNG Tindaklanjuti MoU dengan Kemenkominfo

Fatek Gelar Orientasi dan Pelatihan Program FGA DTS 2020

HABARI.ID I Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah menindaklanjuti MoU dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yang ditandatangi Rektor UNG Dr. Eduart Wolok dan Menteri Kominfo, Johnny G. Plate pada tanggal 17 Desember 2019 lalu di Jakarta.

Senin (21/09/2020) UNG melalui Fakultas Teknik telah menggelar orientasi kepada peserta Pelatihan Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS).

Mulai tahun ini UNG menjadi mitra baru Kemenkominfo dalam penyelenggaraan FGA DTS bersama 88 PTN/PTS di Indonesia. Pada kegiatan ini, Fakultas Teknik UNG menjadi fakultas penyelenggara program pelatihan dengan tema pelatihan adalah Java Programming.

Ketua panitia, Ervan Hasan Harun, ST., MT, sekaligus PIC kampus UNG, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelatihan program FGA DTS ini sebenarnya akan dilaksanakan secara offline (tatap muka).

Namun karena situasi pandemi, maka pelaksanaan program FGA DTS ini dilaksanakan secara daring (online).

Peserta pada pelatihan ini adalah lulusan dari program studi Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan juga dari prodi MIPA dari berbagai Perguraun Tinggi.

Jumlah peserta yang memilih UNG sebagai mitra pelatihan sebanyak 25 orang yang berasal dari berbagai daerah baik di dalam maupun luar wilayah provinsi Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan dan Banda Aceh.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNG, Dr. Sardi Salim, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu faktor yang menjadi kunci untuk mendorong keunggulan kompetitif di era baru ini adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggandeng berbagai institusi termasuk Kemenkominfo.

“Program FGA DTS ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan SDM di bidang digital. Pada pelatihan ini, peserta akan dibekali technical skill serta soft skill untuk menunjang pengembangan karir lulusan di dunia kerja,” ungkap Dr. Sardi Salim.(rls/fp/habari.id)