Talumolo Rindang dan Indah Bakal jadi Unggulan Kota Gorontalo

talumolo
Habari.Id.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Kini giliran Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumbo Raya, menjadi fokus Pemerintah Kota Gorontalo untuk dijadikan wilayah pariwisata Ibu Kota Provinsi Gorontalo, yang jauh dari kesan kumuh.

Kawasan Talumolo Rindang dan Indah namanya, yang dilaksanakan melalui program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Kota Gorontalo tahun ini, yang juga merupakan tahun infrastruktur Pemerintah Kota Gorontalo.

Perjuangan Pemerintah Kota Gorontalo, tidak main-main. Terbukti dari kunjungan yang dipimpin langsung Wali Kota Gorontalo, DR. H. Marten A. Taha, SE. M.Ec Dev, bersama jajarannya di Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Senin (13/06/2022).

Dihadapan petinggi Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Wali Kota Gorontalo Dua Periode itu memaparkan seluruh target Pemerintah Kota Gorontalo, untuk masa depan Santorini.

Termasuk potensi kawasan Santorini, yang menjadi keunggulan Kota Gorontalo. Mulai dari kawasan pesisir pantai, yang memiliki potensi pada sektor wisata pantai dan perbukitan.

Kemudian pelabuhan sebagai pendukung kawasan pada sektor transportasi, potensi wisata pantai dengan pasir putihnya.

Potensi wisata sejarah dan budaya, dan terakhir adalah potensi perikanan tangkap yang setiap hari beraktivitas di Kelurahan Talumolo.

“Kawasan Santorini menjadi salah satu kasan andalan di Teluk Tomini, karena memiliki sumberdaya perikanan tangkap, kawasan wisata pesisir pantai dan kawasan ekonomi ..,”

“Untuk kawasan Teluk Tomini, tentu menjadi potensi besar bagi Provinsi Gorontalo sebagai potensi perikanan, pariwisata, transportasi dan hutan kota,” ujarnya.

Sementara untuk budaya dan sosial, menjadi pariwisata sejarah dan ekowisata. Sebab terdapat makam Aulia Male Ta Ilayabe, dimana merupakan situs sejarah Islam sebagai destinasi wisata kebudayaan.

“Makam Aulia ini, menjadi tempat yang dikeramatkan masyarakat Gorontalo. Sementara Aulia Male Ta Ilayabe, adalah sang hulubalang sakti yang bertugas mengantar upeti dari Gorontalo ke Ternate dengan mengendarai sajadah,” paparnya.

Untuk kawasan hutan Kota Gorontalo sendiri, memiliki sumberdaya hutan dan kawasan wisata alam. “Selain menjadi paru-paru Kota Gorontalo, pengendali ancaman banjir dan longsor ..,”

“Juga dapat dijadikan sebagai kawasan wisata alam tanpa merusak fungsi kawasan. Apalagi Kota Gorontalo yang bersuhu diatas 33 derajat celcius ..,”

“Akan menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata alam, dengan konsep membangun Kota Kebun bernuansa Hutan Kota,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.