Stafsus Menko PMK: Mahasiswa UMGO Pelopor Revolusi Mental

oleh
Stafsus Menko PMK

KAMPUS UNGGUL DAN BERKEMAJUAN I Stafsus Menko PMK (Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Republik Indonesia, Ravik Karsidi, MS., memberikan kuliah pakar di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), pada Kamis (15/9/2022).

Kuliah pakar ini diikuti oleh ratusan mahasiswa UMGO, Dosen – dosen, juga Tenaga Pendidik Akademik. Para peserta kuliah pakar begitu antusias menerima kuliah umum bertopik “Penguatan Karakter Mahasiswa Menyosong Bonus Demografi”.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Prof. Abd. Kadim Masaong, menerima secara resmi rombongan Staf Khusus Menko PKM di Ruang Kerja Rektor UMGO, dan seusai makan siang Rektor UMGO bersama Staf Khusus Menko PKM berserta rombongan langsung bergegas di Gedung Indoor UMGO untuk mengikuti rangkaian kegiatan kuliah pakar.

Dalam sambutannya Rektor Kadim menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesediaan Staf Khusus Menko PKM yang telah berkenan hadir dan memberikan motivasi dan pencerahan kepada mahasiswa dalam momentum kuliah pakar.

“Saya selaku pimpinan mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kunjungan Menteri Koordinator PMK yang diwakili oleh Staf Khusus Menkom PKM, tentu ini memberikan ekspetasi yang tinggi bagi mahasiswa dalam merancang masa depan dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Rektor juga menyebutkan, adapun Petugas atau perangkat acara dalam pelaksanaan kuliah pakar ini adalah alumni program berasrama UMGO periode 2021/2022.

“Sebagai informasi untuk program berasrama gelombang satu untuk periode saat ini 2022/2023, agak berbeda karena diintegrasikan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) karena setara dengan 20 SKS. Yang menjadikan penciri sendiri UMGO dalam penerapan MBKM,” jelasnya.

PMK Republik Indonesia, Ravik Karsidi, MS., saat memberi Kuliah Pakar di Kampus UMGO.[foto_istimewa]

Kemudian Stafsus Menko PKM saat menyajikan materi mengatakan permohonan maaf dari bapak menteri karena belum berkesempatan untuk hadir dalam kesempatan ini, tetapi insha Allah dilain kesempatan beliau bisa hadir di UMGO. Dalam kesempatan itu juga Ravik mengucapkan terimakasih banyak atas jamuan dari UMGO yang meninggalkan kesan tersendiri.

Ravik melanjutkan, salah satu slogan UMGO yaitu Kuliah di UMGO Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya baik dan Soft Skillnya Hebat, sesuai dengan yang ingin ia sampaikan pada kuliah pakar.

“Saya ingin mahasiswa baru dan mahasiswa lama untuk memahami bahwa pendidikan karakter sangat penting disaat kondisi global sekarang ini. Mahasiswa UMGO yang hadir saat ini harus menjadi pelopor Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui program-program pendidikan yang luar biasa di UMGO salah satunya program berasrama yang menurut saya sangat bagus,” tandasnya.

Dalam materinya, Ravik mengatakan ada tiga hal yang bisa dilakukan mahasiswa dalam melakukan perubahan khususnya pada penguatan nilai revolusi mental, yakni Cara Berpikir, Cara Bekerja dan Cara Hidup.

“Mahasiswa sukses di era digital saat ini dapat diraih dengan memiliki Competency atau Kemampuan yang meliputi pengetahuan, sikap, keterampilan dalam memangku suatu jabatan, selanjutnya Capability atau kapabilitas yakni mampu memecahkan masalah dan mencarikan solusi dan dapat menggerakan tim dalam mencapai visi dan misi, Capacity atau Kesanggupan ialah dapat menghasilkan suatu produk secara optimum dari suatu fasilitas tertentu sebagai output dalam waktu tertentu yang ditentukan,” terangnya.

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.