Selamatkan Danau Limboto, LIPI Dilibatkan

oleh
Bupati Nelson Pomalingo saat turun langsung membersihkan danau Limboto, beberapa waktu lalu.

HABARI.ID Ι – Berbagai upaya dilakukan demi menyelamatkan danau Limboto, salah satu danau di Indonesia yang kondisinya kritis. Baru-baru ini, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo sepakat bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), khusus untuk menangani danau Limboto.

“Ini salah satu upaya kami untuk menyelamatkan danau Limboto. Sudah ada kerja sama dengan LIPI. Mudah-mudahan LIPI bisa memberi sumbangsih tentang bagaimana cara terbaik menangani danau,” jelas Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Kerja sama dengan LIPI ini, sudah ditandai dengan penandatanganan MoU antara pemerintah kabupaten Gorontalo dengan Pihak LIPI, yang diwakili oleh Deputi LIPI Zainal Aripin.

Sebelumnya, Bupati Nelson juga menjadi salah satu peserta dalam rapat koordinasi penyelamatan danau di Indonesia, yang digagas oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia.

Pada rakor yang dihadiri 15 kepala daerah dari daerah yang danaunya masuk kategori kritis tersebut. melahirkan empat kesepakatan penyelamatan danau prioritas Nasional.

Diantaranya, pertama, penyelamatan danau prioritas nasional mengacu pada rencana pengelolaan danau terpadu yang telah disusun bersama para pihak sejak tahun 2018;

Kedua, mengintegrasikan program dan kegiatan penyelamatan danau prioritas nasional yang tertuang dalam rencana pengelolaan danau terpadu kedalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi/Kabupaten, rencana strategi masing-masing perangkat daerah terkait dan rencana tata ruang wilayah;

Ketiga, mengoptimalkan peran kelembagaan danau, baik pokja, tim, forum atau badan yang telah dibentuk oleh Gubernur/Bupati untuk mengawal pelaksanaan serta melakukan pemantauan dan Evaluasi capaian pelaksanaan program dan kegiatan penyelamatan danau prioritas nasional;

Keempat, melaksanakan kerjasama dengan para pihak untuk mewujudkan danau prioritas Nasional yang sehat dan Lestari.

“Kami akan upayakan ini secara terus menerus dan menjadi komitmen kami. Agar danau yang kritis di Indonesia tertata dengan baik. Kami akan menggandeng semua pihak yang bisa membantu kami, dalam mengatasi permasalahan terutama di Danau Limboto,” pungkas Nelson.(fbd/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.