Menjaga Indonesia

Sekdaprov Darda Buka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas

HABARI.ID | Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I Tahun 2021 yang bertempat di Aula Badan Diklat Provinsi Gorontalo, senin (13/9/2021).

Pelatihan kepemimpinan pengawas merupakan pelatihan struktural pengawas sebagaimana yang diatur dalam peraturan pemerintah mengenai manajemen PNS. Hal ni dimana pejabat pengawas harus memiliki kompetensi untuk menjamin akuntabilitas jabatan dalam pengendalian seluruh kegiatan pelaksanaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.

Dalam sambutannya Darda menilai, kompetensi ini diindikasikan oleh kemampuan pejabat struktural dalam tiga ranah yakni kemampuan dalam menguasai bidang tugasnya, kemampuan dalam menerapkan kode etik yang dituntut oleh bidang tugasnya, dan kemampuan dalam menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan tugasnya.

“Kombinasi ketiga kemampuan inilah yang membangun profesionalisme pada masing – masing pejabat struktural. Salah satu unsur saja yang tidak dimiliki, maka sulit bagi mereka untuk dikategorikan sebagai pejabat struktural yang profesional,” ungkap Darda.

Selebihnya Sekda Gorontalo ini berharap agar pelatihan ini dapat diikuti dengan penuh tanggung jawab guna menambah kualitas pemahaman diri dan kinerja.

“Saya berharap, keikutsertaan saudara – saudari bukan hanya didasari oleh kewajiban untuk memenuhi salah satu syarat menduduki jabatan pengawas, tetapi juga merupakan perwujudan dalam mengembangkan kompetensi sesuai dengan tuntutan standar yang diharapkan,” ungkap Darda sembari menutup sambutannya.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini akan dilaksanakan hingga tanggal 17 Desember 2021 dengan jumlah peserta 40 orang. Rinciannya, 29 peserta Provinsi Gorontalo, 5 peserta Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, 3 peserta Bawaslu Provinsi Gorontalo, 1 peserta Bawaslu Kabupaten Pohuwato, dan 2 peserta BPDASHL Bone Bolango. (edm/habari.id)