Satu Data Indonesia jadi Fokus, Zudan: Kota Gorontalo Sudah Siap

oleh
zudan
Foto Istimewa.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Prof. DR. Zudan Arief Fakrullah, SH. MH, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI yang juga mantan Penjagub Gorontalo seperti pulang ke kampung halaman sendiri.

Pasalnya, Prof Zudan yang pernah menjadi Penguji Eksternal Wali Kota Gorontalo pada program studi Doktor itu, disambut baik Wali Kota Gorontalo DR. H. Marten Taha, SE. M.Ec, Dev di Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo Minggu (17/04/2022).

Prof Zudan jelaskan, pertemuan itu selain bersilaturahmi dengan jajaran pejabat Pemerintah Kota Gorontalo, juga brainstorming merencanakan pembangunan kedepan pada tahun ini serta tahun 2023.

Ada beberapa hal penting yang menjadi pesannya kepada seluruh jajaran pejabat di Pemerintah Kota Gorontalo, tentang satu data Indonesia.

Yakni bagaimana pemerintah baik pusat, provinsi, kabupaten dan kota, mengelola satu data yang sama. Khususnya terkait dengan penggunaan satu data terkait, yakni kependudukan.

Dimana semua proses pelayanan publik baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota, menggunakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Dan dengan NIK ini semua akan berjalan dengan efektif, karena orangnya teridentifikasi dengan benar dan baik.

Termasuk dengan perpindahan-perpindahannya baik itu daerah, pekerjaan maupun orang-orang yang sudah meninggal dunia akan bisa termonitor dan terdata dengan baik.

“Nah ini akan menjadi modal bagus untuk pelayanan publik, penanggulangan kemiskinan maupun penanganan stunting ..,”

“Karena sebagaimana kita ketahui, kemiskinan dan stunting di Gorontalo perlu kita tekan lebih rendah lagi,” ujarnya.

Ia jelaskan lagi, kalau yang dikehendaki dalam teta kelola pemerintahan menggunakan satu kode referensi yang sama, yakni NIK.

Jadi kedepan, semua pelayanan publik baik rumah sakit, pelayanan pajak, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya berbasis NIK.

“Sehingga dengan demikian semua bisa kita kafer dengan baik dan data yang sama, apapun bisa diketahui secara efektif tujuan penyelenggaraan pemerintahan apakah program kegiatannya tersampaikan atau tidak ..,”

“Dan dari pertemuan dengan seluruh pejabat Pemerintah Kota Gorontalo baik Wali Kota Gorontalo, Wakil Wali Kota Gorontalo serta pejabat lainnya, ternyata Kota Gorontalo paling siap dengan implementasi program NIK ini,” pungkasnya.(bnk/habari,id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.