Menjaga Indonesia

Seberangi Laut, Rusli Bawa 1.300 Bantuan Bersubsidi Untuk Warga Kepulauan

HABARI.ID I Menggunakan perahu menyeberangi laut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bawa 1.300 bantuan bersubsidi, untuk warga di Kepulauan Ponelo, Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara Selasa (28/04/20).

Sebanyak 1.300 bantuan bersubsidi ini, diketahui sebelumnya dijual pemerintah dengan harga Rp 55 Ribu. Namun mengingat kondisi di tengah pandemi Covid 19, dan sudah Bulan Ramadan, bantuan tersebut pun disalurkan secara gratis.

Bantuan bersubsidi itu, diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kepada beberapa perwakilan KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

“Bantuan bersubsidi ini kami berikan gratis kepada masyarakat. Dalam setiap paket, berisikan beras, minyak goreng, gula pasir, telur dan rempah-rempah. Kami sangat senang, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Rusli.

Gubernur Dua Periode ini jelaskan, rencana untuk menyalurkan bantuan ke wilayah kepulauan ini, jauh sebelumnya sudah direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Namun, terkendala dengan cuaca di Gorontalo yang masih dilanda hujan dan banyaknya kegiatan, sehingga agenda tersebut pun terunda.

“Meski demikian, saya tidak pernah melupakan Gorontalo Utara, apalagi Pulau Ponelo. Karena pernah merasakan dibesarkan di daerah ini,” terang Rusli.

Disamping itu, Gubernur tidak lupa mengingatkan dan memberikan imbauan kepada masyarakat, agar senantisa menerapkan protokol kesehatan pencagah Covid 19.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Pulau Ponelo, untuk menerapkan protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, jaga jarak dengan keluarga..,”

“Kunjungan kami pun tidak akan berakhir sampai disini, dalam waktu dekat kami akan datang lagi, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat, berupa rapid test,” jelas Rusli.

Bantuan melalui program bakti sosial NKRI Peduli tersebut, Dia jelaskan merupakan kerjasama antara Dinas Sosial, Dinas Kumperindag, dan Baznas Provinsi Gorontalo.

“Hasil zakat 2,5 persen dari gaji ASN Pemprov Gorontalo setiap bulannya mencapai Rp 750 juta. Dana itu yang saya kembalikan kepada rakyat, dalam bentuk bantuan pangan pokok,” tutur Rusli.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge tambahkan, bahwa bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat yang tersebar di empat desa.

“Diantaranya, Desa Ponelo 380 KPM, Malambe 278 KPM, serta Desa Tihengo dan Atiola masing-masing sebanyak 330 dan 278 KPM,” tandas Risjon.(adv/50diq/habari.id).