Menjaga Indonesia

RKPD Tahun 2022 Penjabaran dari RPJMD Tahun Ketiga

HABARI.ID I Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono jelaskan Rabu (21/07/2021), RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Gorontalo tahun 2022, merupakan penjabaran tahun ketiga RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2019-2024.

Pembangunan infrastruktur untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi serta reformasi sosial, yang menjadi tema dari RKPD dan RPJMD. Ia berharap, bukan hanya menjadi seremonial belaka.

KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) APBD tahun 2022 yang disampaikan dan diserahkan Wali Kota Gorontalo, Bapak Marten Taha, adalah acuan dalam penyusunan RAPBD 2022 Kota Gorontalo ..,”

“Ini tentunya kaitan dengan rencakan kerja Pemerintah Daerah Kota Gorontalo tahun 2022, yang mengacu pada RPJMD Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2019-2024, yang saat ini masih dalam tahap penyempurnaan revisi RPJMD,” ujarnya.

Ia jelaskan lagi, dalam mendukung sasaran target ada beberapa hal yang ditetapkan menjadi prioritas pembangunan kedepan khusus di tahun 2022.

“Seperti pembangunan manusia yang fokus pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dan peningkatan kualitas proses dan output pendidikan ..,”

“Selanjutnya pembangunan infrastruktur fokus pada pembangunan jalan, drainase dan permukiman. Meningkatkan ketahanan dan daya saing ekonomi kerakyatan, yakni UKM dan koperasi ..,”

“Pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Reformasi birokrasi yang berorientasi pada peningkatan tata kelola, kapasitas organisasi pemerintahan dan kualitas sumber daya aparatur. Dan terakhir penguatan peran agama dan budaya,” terangnya.

Ia berharap, dokumen KUA-PPAS RAPBD Kota Gorontalo yang telah diterima DPRD Kota Gorontalo, bisa ditindak lanjuti dan diagendakan dengan baik.

“Sehingga, apa yang menjadi cita-cita bersama bisa tercapai. Dan untuk semua OPD agar bisa bersinergi dengan DPRD Kota Gorontalo, untuk memaksimalkan hal tersebut,” pungkasnya.(bnk/habari.id).