Resmi Miliki Sekretariat, RT 01 RW 02 Dembe I Layak jadi Contoh

oleh
rt
Habari.Id.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I RT 01 RW 02 Kelurahan Dembe I Kecamatan Kota Barat, patut menjadi contoh bagi seluruh RT/RW yang ada di Kota Gorontalo.

Pasalanya, selain memiliki Sekretariat yang diresmikan Ketua DPD LPM Kota Gorontalo, Risman Taha dan Kepala Bagian Tapem Setda Kota Gorontalo, Lurah, Camat dan dihadiri Anggota DPRD Kota Gorontalo.

RT 01 yang dinakhodai Umar Latif serta Ketua RW 02 Harjon Samoe tersebut, teranyata memiliki data kependudukan yang sangat lengkap.

Tidak hanya data kependudukan berbasis by name by address, akan tetapi data sesuai dengan profesi, status pernikahan, kepemilikan atau pelanggan air bersih PDAM dan data bantuan sosial.

Bahkan menariknya lagi, RT/RW binaan Lurah Dembe I dan Camat Kota Barat ini, jauh sebelumnya menjadi rujukan Kabupaten Gorontalo untuk melakukan studi banding tata kelola RT/RW.

Ketua DPD LPM Kota Gorontalo, Risman Taha akui, bahwa RT 01 RW 02 ini sangat layak untuk menjadi contoh bagi seluruh RT/RW di Kota Gorontalo.

Sebab kelengkapan data kependudukan tersebut, menjadi solusi untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakat di tingkat RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

“RT 01 RW 02 ini, layak jadi percontohan. Sebab, yang sering menjadi persoalan di tengah masyarakat khususnya dalam penyaluran bantuan oleh Pemerintah Daerah, adalah data yang valid ..,”

“Nah, kelengkapan data di tingkat RT/RW tentu akan memberikan dampak baik terhadap stabilitas keamanan dan kenyamanan penduduk ..,”

“Karena, biasanya yang menjadi persoalan di lapangan itu, adalah data yang tidak valid dan membuat penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran,” ujarnya.

Sebagai pimpinan lembaga yang menaung kepentingan masyarakat, Risman katakan Ia siap memperjuangkan kepentingan RT/RW khususnya di Kelurahan Dembe I.

“RT/RW adalah perangkat yang paling dekat dengan masyarakat, dan mereka yang paling paham kondisi masyarakat di setiap kelurahan. LPM sendiri, siap untuk memikirkan dan memperjuangkan kebutuhan RT/RW,” ungkapnya.

Inovasi yang dilakukan RT 01 RW 02 dan Kelurahan Dembe I serta Kecamatan Kota Barat tersebut, menarik perhatian Pemerintah Kota Gorontalo dalam hal ini Bagian Tapem Setda Kota Gorontalo.

Seperti disampaikan Kepala Bagian Tapem Setda Kota Gorontalo, Abdulhafidz Daud, saat membuka seremonial kegiatan tersebut.

“Pemerintah Kota Gorontalo, dalam hal ini Bagian Tapem Setda Kota Gorontalo, tentu akan memikirkan bagaimana insentif RT/RW bisah naik ..,”

“Khusus RT 01 RW 02, kami sangat apresiasi karena sangat inovatif dan inovasi ini tentunya, bisa menjadi solusi bagi Pemerintah Kota Gorontalo untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tingkat bawah,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.