HABARI.ID I Berdasarkan keputusan Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, nomor 139 tahun 2021 tentang penetapan hasil penilaian kinerja PTSP dan Kinerja Percepatan Pelayanan Berusaha. Kinerja jajaran DPM-PTSP Kota Gorontalo, dinilai terbaik, oleh Pemerintah Pusat dan meraih skor 83,413.
Menurut pelaksanan tugas Kepala DPM-PTSP Kota Gorontalo, Drs Mahmud Saad Kiayi Baderan, saat dihubungi secara terpisah Sabtu (09/10/2021) melalui Kabid Perizinan dan Non Perizinan, Mohammad Fattah Maksum.
Bahwa, ada sekitar empat aspek yang menjadi penilaian Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan kinerja di DPM-PTSP Kota Gorontalo, diantaranya, kaitran dengan SOP, SP, sarana prasarana yang ada serta SDM.
“Dari beberapa komponen tersebut, yang menjadi penilaian adalah rendahnya ketersediaan SDM khususnya yang memiliki sertifikat sesuai dengan bidang digeluti, dalam memberikan pelayanan perizinan ..,”
“Nah, yang mengangkat skor Pemerintah Kota Gorontalo atau DPM-PTSP Kota Gorontalo, adalah penggunaan metode pelayanan yang berbasis digital. Dimana dalam implementasinya, sudah berjalan dengan maksimal ..,”
“Misal pelaksanaan pelayanan berbasis online atau digital melalui aplikasi OSS, yang diperuntukan pada pelayanan izin berusaha. Serta aplikasi Si Cantik, untuk melayani perizinan dan non perizinan,” ujarnya.
Lebih lanjut Ia jelaskan, jika dar regulasi yang ada seperti Peraturan Walikota, ada sekitar 135 jenis perizinnan dan non perizinan yang dilayani oleh DPM-PTSP Kota Gorontalo.
Namun yang masih menjadi catata sendiri di internal instansi tersebut, masih kurangnya masyarakat untuk melakukan permohonan izin.
Padahal Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, telah menggratiskan pelayanan perizinan dan non perizinan tersebut, kecuali permohonan IMB.
“Secara umum, program pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh DPM-PTSP Kota Gorontalo, sangat membantu masyarakat. Dimana masyarakat merasa terbantukan, ketika ingin mengajukan permohonan perizinan ..,”
“Bahkan, program kegiatan yang berbasis online atau digital ini, menjadi alat bagi Pemerintah Kota Gorontalo khusus DPM-PTSP, untuk mencegah adanya aksi pungutan liar serta calo. Kedepan, kami telah merencanakan program pelayanan berbasis online ini, akan dimaksimalkan ..,”
“Artinya, program tersebut benar-benar secara utuh berbasis digital, dimana masyarakat tinggal melakukan permohonan izin dan menunggu hasil permohonan di rumah mereka,” terangnya.
Semua program kegiatan yang dilaksanakan DPM-PTSP Kota Gorontalo sendiri, tidak hanya memberikan dampak baik terhadap pelayanan kepada masyarakat umum dan pengusaha lokal saja.
Akan tetapi lebih dari itu, dimana program yang dijalankan DPM-PTSP Kota Gorontalo turut membantu pertumbuhan ekonomi daerah, dalam hal investasi.
Karena, program pelayanan berbasis digital ini mempermudah para investor untuk melakukan investasi di daerah.
“Apalagi DPM-PTSP Kota Gorontalo sendiri, memiliki website sendiri dalam hal menyebarluaskan informasi pelayanan kepada masyarakat dan investor. Karena semua pelayanan dan informasi apa saja, ada dalam website tersebut,” pungkasnya.
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha sendiri mengapresiasi atas prestasi kinerja yang telah diukir jajaran DPM-PTSP Kota Gorontalo. Ia akui bahwa, kinerja DPM-PTSP Kota Gorontalo tidak diragukan lagi.
Sebab, menjadi salah satu instansi yang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta lembaga yang mendapatkan nilai baik dari Korsupgah KPK RI.
Tidak hanya itu saja, beberapa kali DPM-PTSP Kota Gorontalo sukses mengharumkan nama daerah dan Pemerintah Kota Gorontalo, di tingkat Nasional.
“Artrinya, evaluasi kinerja dan pengawasan yang terus dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo, menjadi perhatian khusus jajaran DPM-PTSP Kota Gorontalo, dan hal yang menjadi catatan untuk internal intansi tersebut benar-benar diperbaiki oleh jajarannya ..,”
“Atas hasil yang maksimal dari kinerja jajara DPM-PTSP Kota Gorontalo, saya sebagai Wali Kota Gorontalo mewakili seluruh jajaran Pemerintah Kota Gorontalo dan masyarakat, mengapresiasi atas prestasi yang sudah diraih ..,”
“Dan jadikan ini sebagai motivasi kedepan, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan investor,” singkatnya.(bnk/habari.id).