Perkuat Peran Masyarakat Demi Masa Depan UMKM Daerah Pesisir

oleh
umkm
Habari.Id.

HABARI.ID, KAMPUS I Pesisir Kabupaten Boalemo memang kaya akan hasil perikanannya. Termasuk Desa Bajo yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN Kolaboratif mahasiswa UNG, selama dua bulan.

Protensi yang dimiliki wilayah pesisir itu dimanfaat mahasiswa KKN Kolaboratif, untuk memperkuat peran masyarakat dalam rangka mengangkat hasil perikanan menjadi produk UMKM berkualitas.

Pembuatan Forzen Food dari ikan Bubara, menjadi program yang digagas mahasiswa KKN Kolaboratif UNG guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bajo.

Rektor UNG, DR. Ir. Eduart Wolok, ST. MT jelaskan Sabtu (23/07/2022) saat melakukan kunjungan di Desa Bajo, bahwa program tersebut diawali dengan pelaksanaan pelatihan untuk masyarakat kau ibu di Desa Bajo.

“Kami sangat bangga dan mendukung pelatihan yang dilaksanakan mahasiswa KKN Kolaboratif UNG, dalam meningkatkan perekonomian, UMKM dan pengetahuan masyarakat ..,”

“Kegiatan ini sangat positif dan memberikan nilai baik untuk masyarakat, karena ketika masyarakat mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari, maka mereka akan menjadi pelaku UMKM pemula,” ujarnya.

Untuk mahasiswa sendiri Ia menilai, bahwa ini adalah sebuah ide yang sangat menarik.

Karena melalui program pelatihan pembuatan Frozen Food dari ikan Bubara, maka secara tidak langsung mahasiswa telah membuka kesempatan besar untuk masyarakat menciptakan lapangan kerja.

“Dampaknya sangat besar. Karena, ketika masyarakat mengimplementasikan hasil pelatihan yang mereka ikuti, maka peluang untuk menciptakan lapangan kerja pun terbuka ..,”

“Dengan demikian, mahasiswa sukses mengubah pola pikir masyarakat ke arah lebih baik,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.